Paket Liburan Akhir Tahun: Orang Riau ke Sumbar, Orang Sumbar ke Riau


Paket Liburan Akhir Tahun: Orang Riau ke Sumbar, Orang Sumbar ke Riau

Musim liburan Natal dan tahun baru sudah di depan mata. Jelang liburan Natal dan Tahun Baru 2014, mobilisasi masyarakat Riau yang liburan ke Sumbar sudah mulai nampak sejak sepekan terakhir. Sebaliknya juga mobilisasi masyarakat Sumbar yang liburan ke Riau juga sudah nampak sejak sepekan terakhir ini. Inilah tradisi dua propinsi yang saling berdekatan tersebut. Masyarakat Riau umumnya ingin liburan ke Sumbar menikmati aneka objek wisata yang ada di daerah tersebut. Sementara Riau meskipun terbilang minim tempat wisata, namun bagi masyarakat Sumbar ternyata juga memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Ada juga mereka yang merantau ke Sumbar, pada musim liburan ini pulang ke Riau.

Sumbar memiliki pesona wisata alam yang cukup menarik, sementara Riau memiliki pesona wisata budaya yang tak kalah apiknya untuk dikunjungi. Oleh karena itu tak salah jika ke dua penduduk propinsi saling bertukar kunjung.

Dari hasil pemantauan, diketahui sejak Ahad lalu (22/12) hingga Selasa tadi (24/12), rombongan warga yang berlibur mulai meningkat. Di lokasi penjualan kuliner makanan oleh-oleh khas minang di jalan lintas Bukittinggi-Garegeh, rombongan dari Riau nampak membeli oleh-oleh seperti kerupuk sanjai, kipang, kelamai, dan lain-lain. Sebaliknya tiga bus rombongan siswa-siswi dari Sumbar nampak pula akan berlibur ke Candi Muara Takus dan Istana Siak di Siak Sri Indrapura. Mereka nampak berhenti untuk istirahat salat Zuhur di Rumah Makan Kelok Indah di kawasan Tanjungalai Muara Mahat di jalan lintas Riau-Sumbar Km 105.

Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Eri Safari mengimbau seluruh masyarakat yang akan berlibur dan merayakan Natal Tahun Baru 2014 agar meningkatkan kehati-hatian di jalan raya. Lengkapi surat-surat kendaraan saat bepergian. Sementara Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono telah merilis bahwa kecelakaan lalu lintas di Riau yang dialami pengendara sepeda motor dua orang meninggal setiap hari. Kapolda Riau sangat menggarisbawahi kepada pengendara sepeda motor jangan ugal-ugalan di jalan raya, wajib memakai helm pelindung kepala yang standar.


Sumber gambar :
http://id.wikipedia.org