UMP PROVINSI PAPUA BARAT 2014



UMP PROVINSI PAPUA BARAT 2014 - Saat ini persaingan di dunia kerja semakin ketat. Setiap tahunnya akan ada sarjana-sarjana baru dan para pencari kerja baru. Hal ini bisa menciutkan hati banyak pencari kerja lainnya. Menemukan sebuah pekerjaan mungkin bukanlah hal yang sulit. Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan sebuah posisi di perusahaan dan mendapat gaji serta kesejahteraan yang layak dalam waktu singkat hampir dikatakan mustahil. Bekerja di kota lain bisa menjadi alternatif bagi para pencari kerja yang merasa bahwa lapangan kerja di tempatnya terlalu sempit atau kurang memadai. Salah satu provinsi yang sekiranya dapat memberikan penghidupan yang lebih baik adalah Provinsi Papua Barat. Jika anda memiliki kemampuan atau kompetensi yang dibutuhkan, tidak ada salahnya untuk membangun karir di sana.

Sebuah perusahaan memiliki pedoman tertentu dalam menentukan besaran gaji para pegawainya. Berikut beberapa pedoman yang biasa digunakan oleh sebuah perusahaan dalam menetapkan besaran gaji setiap pekerjanya. Pertama, sebuah perusahaan bisa menggunakan gaji rata-rata yang digunakan di bidang industri yang sama. Setiap bidang industri memiliki besaran atau ketetapan gaji yang berbeda-beda. Kedua, sebuah perusahaan bisa menetapkan gaji para pegawainya berdasarkan tingkat pengalaman kerja. Selain itu, biasanya juga dengan mengukur tingkat pendidikan pekerja itu sendiri. Ketiga, sebuah perusahaan bisa menetapkan gaji rata-rata berdasarkan upah minimum provinsi tersebut. Untuk Papua Barat, para pekerja yang memiliki pengalaman di bawah satu tahun dan belum berkeluarga biasanya diupah sesuai dengan UMP. Pada tahun 2012, UMP Papua Barat adalah 1.450.000 rupiah. Kemudian berdasarkan SK Gub No 561/246/12/2012 Tahun 2012, UMP Papua Barat di tahun 2013 adalah 1.720.000 rupiah. Pada tahun 2014 mendatang, UMP untuk Provinsi Papua Barat adalah 1.870.000 rupiah (naik 8,72 persen dari UMP tahun 2013). Secara garis besar, UMP di setiap provinsi di Indonesia naik untuk tahun 2014.

Membangun karir bisa ditempuh setidaknya dengan dua cara. Bekerja di sebuah perusahaan atau membuka lapangan kerja sendiri. Jika anda memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan, pastikan anda digaji dengan layak dan memadai. Anda bahkan bisa mengambil langkah hukum jika anda diupah di bawah standar UMP. Di tahun pertama bekerja anda harus menunjukkan kinerja yang baik agar anda bisa memiliki alasan ketika pada saatnya anda bisa menegosiasikan gaji. Profesionalisme anda dalam bekerja dapat menjadi tolak ukur untuk besaran gaji yang anda dapatkan nantinya. Jika anda berniat untuk membuka lapangan kerja sendiri, anda juga harus benar-benar memperhatikan kesejahteraan para pekerja anda dan mengupah mereka dengan layak sesuai peraturan yang berlaku. Salah satu contohnya adalah dengan tidak mengupah pekerja anda nantinya dengan gaji di bawah standar upah minimum yang ditetapkan pemerintah.