3 Cara Diet Alami Ala Rasulullah

Hidup sehat ternyata sudah dicontohkan dan ajarkan oleh Rasulullah dalam Islam. Berbagai sunnah diajarkan untuk memberikan kebaikan bagi orang yang menjalankannya. Saat ini banyak orang ingin diet melangsingkan tubuh, namun terkadang tujuannya bukan soal kesehatan, tapi kecantikan. 

Jika Anda ingin diet atau tampil lebih langsing, sebaiknya orientasinya harus benar, yakni untuk tujuan kesehatan. Sebab ada banyak orang yang langsing namun kenyataannya malah bermasalah kesehatannya. 

Jadi pastikan jika Anda ingin langsing orientasinya adalah sehat. Sebab orang yang gemuk dan banyak memiliki lemak akan lebih beresiko terkena penyakit. Oleh karena itu, maka sebaiknya dalam menjalankan diet tersebut Anda harus melakukan cara-cara alami yang aman bagi kesehatan. Salah satu caranya dengan menjalankan sunnah makan yang diajarkan oleh Rasulullah. Nah, berikut ini beberapa tips diet alami ala Rasulullah yang bisa Anda jalankan untuk mengurangi berat badan: 

1. Berhenti makan sebelum kenyang 

Dalam sebuah hadistnya Rasulullah mengatakan bahwa perut kita digunakan sepertiga untuk makan, sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk bernafas. Oleh kerena itulah kita diminta untuk berhenti makan sebelum kenyang dan makan setelah lapar. Makan setelah lapar artinya memang tubuh kita sudah dalam kondisi memerlukan makanan. 

Sedangkan berhenti sebelum kenyang artinya kita baru akan merasakan kenyang setelah kita berhenti makan. Saat kita berhenti makan setelah kenyang, maka setelah itu yang kita rasakan justru kekenyangan. Dan faktanya juga banyak dari kita yang makan sebelum lapar, akibatnya kalori dalam tubuh menumpuk dan sulit dicerna oleh tubuh. 

Beberapa orang terkena penyakit diabetes atas hal ini dan beberapa orang yang lain menjadi gemuk karena timbunan lemak di dalam tubuh. Padahal jika ini bisa dilakukan maka bukan hanya akan mendapatkan tubuh yang lebih langsing namun juga kesehatan yang lebih terjaga. 

2. Mandi sebelum subuh 

Mandi sebelum subuh rasanya akan dingin, namun ternyata ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dingin tersebut akan mampu membakar lemak di dalam tubuh. Selain itu suasana pagi kita menjadi lebih segar dan tidak mengantuk lagi. Lakukan mandi sebelum subuh secara rutin selama 1 bulan, lalu kemudian timbang lah berapa berat badan Anda sekarang. Cara ini sangat mudah dan biasa dilakukan oleh orang-orang tua dahulu. 

3. Makan serat sebelum makan 

Tips ini tidak diajarkan Rasulullah tetapi tetap bisa Anda lakukan. Makan lah serat sebelum Anda makan makanan berat. Misalnya sebelum makan siang, Anda minum lebih dulu segelas jus buah tanpa susu dan gula. Dengan demikian pada saat makan, perut Anda telah terisi serat lebih dulu dan akan lebih cepat kenyang dan konsumsi makan pun menjadi lebih sedikit. Selain itu, jika Anda mengkonsumsi buah terlebih dahulu, pencernaan Anda pun akan lebih lancar karena di bagian bawah usus Anda telah terisi serat lebih dulu. Akibatnya masalah metabolisme tubuh Anda akan sedikit terkurangi. 

Beberapa cara lain untuk bisa diet secara alami pastinya dengan memperbanyak konsumsi air putih. Ada juga yang menyarankan memperbanyak konsumsi protein sehingga akan lebih cepat kenyang. Misalnya saat Anda sudah lapar, Anda cepat-cepat minum susu dan lapar pun akan sedikit tertunda. Susu mengandung banyak protein yang sangat baik untuk otak. 

Pilih jenis susu tanpa lemak yang aman dikonsumsi tubuh. Makan lah sayur pada saat makan lebih banyak dibanding nasi atau lauk-lauk yang sifatnya lemak. Ini juga akan membantu Anda mendapatkan diet secara alami yang lebih mudah. Tanpa harus Anda menahan lapar selama berjam-jam dan seterusnya. 

Cara-cara diet alami ini tentunya mudah dijalankan tanpa harus Anda bersusah-susah. Jaga kesehatan Anda dari berbagai resiko kesehatan dengan cara awalnya mengurangi berat badan dengan cara yang sehat.