Khasiat Pepaya untuk Kesehatan

Anda penyuka buah papaya? Kabar gembira untuk Anda, karena ternyata buah ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh Anda. Banyak orang kurang suka dengan buah papaya karena teksturnya yang terlalu lembut. Namun pada kondisi tertentu, Anda akan sangat membutuhkan buah papaya untuk system pencernaan Anda. Orang yang sulit BAB umumnya bisa diselesaikan dengan mengkonsumsi buah ini. Mungkin Anda termasuk yang sering mengalaminya bukan? Tak cukup itu, buah papaya ternyata memiliki khasiat lain yang sangat penting bagi tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Buah papaya mengandung vitamin C yang cukup banyak, sehingga bisa membantu Anda meningkatkan system kekebalan tubuh. Suatu waktu jika badan Anda meriang, maka Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah papaya dalam jumlah banyak. Sama halnya seperti buah jeruk, buah papaya dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi akan bisa meredam meriang Anda tersebut. Secara fisik buah ini juga banyak mengandung air sehingga sangat baik untuk cadangan air di dalam tubuh. 

2. Menjaga kesehatan mata 

Buah papaya kaya akan senyawa flavonoid yang sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Senyawa ini dapat menjaga selaput lendir mata dan mencegah terjadinya degenerasi usia macula. Mungkin sehari-hari Anda banyak bekerja di depan computer, maka sangat baik untuk mengkonsumsi buah papaya yang banyak setiap harinya. 

3. Menjaga kesuburan rambut 

Papaya juga dikenal sebagai buah yang cukup baik untuk kesehatan rambut. Membuat rambut lebih hitam dan berkilau serta mencegah terjadinya ketombe. Rutinkan mengkonsumsi buah papaya jika Anda ingin mendapatkan rambut yang cantik. Secara tradisional pun biji papaya bisa digunakan untuk menghitamkan rambut dengan cara mengeringkannya lalu menghaluskan dan menjadikannya masker untuk rambut. Bila ingin mendapatkan rambut yang bagus secara alami, maka saatnya Anda kini merutinkan konsumsi buah papaya. 

4. Mengurangi nyeri pada saat haid 

Jika Anda memiliki kebiasaan nyeri pada saat haid, maka sebaiknya merutinkan konsumsi papaya. Papaya mengandung enzim papain yang dapat berfungsi melancarkan aliran darah haid serta mencegah terjadinya kram yang biasanya dirasakan pada saat terjadinya haid. Dari pada Anda mengkonsumsi obat-obatan pada saat haid, ada baiknya Anda mengatasi secara alami dengan merutinkan konsumsi buah papaya. 

5. Serat yang tinggi cocok untuk diet 

Jika Anda ingin diet, maka bisa juga mengkonsumsi papaya dalam jumlah banyak sebelum makan. Serat yang ada dalam buah papaya akan membuat perut Anda lebih cepat kenyang sehingga konsumsi makanan lain bisa ditekan. Serat sangat baik untuk usus dan kesehatan. 

Serat bisa membersihkan usus dan melarutkan lemak dalam perut. Diet untuk langsing dan sehat pun bisa dimulai dengan rajin mengkonsumsi buah papaya secara rutin. Buah papaya sebagai buah yang memiliki banyak khasiat juga terbilang sebagai buah lokal dengan harga yang relative terjangkau. 

Pengelolaanya pun lebih sehat, terlebih lagi jika buah papaya tersebut diambil dari kebun sendiri, bebas bahan pengawet dan harganya lebih murah. Bandingkan dengan buah-buah mahal di pasaran yang rata-rata mengandung bahan pengawet yang tidak sehat. Banyak mengandung pestisida dan sebagainya. Buah papaya yang ditanam secara alami di rumah sendiri menjadi buah yang sehat. 

Banyak orang mengkonsumsi buah papaya setelah makan, padahal ini cara yang salah. Buah papaya ataupun buah yang lainnya sebaiknya dikonsumsi sebelum makan. Dengan demikian posisinya di dalam perut akan berada di dasar usus. Maka fungsi serat pun akan berlaku, yakni membersihkan usus dari sisa-sisa makanan yang banyak mengandung racun untuk tubuh.

Jika Anda makan nasi lebih dulu lalu mengkonsumi serat, maka sisa makanan Anda akan tertinggal di bawah perut dan serat lah yang akan keluar. Inilah cara konsumsi buah yang jarang diketahui orang. 

Istilah cuci mulut setelah makan dengan menggunakan buah merupakan tradisi yang tidak sehat dan menyalahi fungsi dari makanan itu sendiri. Nah, mulai sekarang sudah tau kan bagaimana mengkonsumsi buah papaya yang benar? Atau pun buah-buah yang lainnya, tetap lah sama.