4 Peluang Bisnis Online Yang Bisa Anda Coba

Trend bisnis online semakin pesat saat ini. Bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital terbukti mampu menghasilkan keuntungan berlipat dibanding bisnis dengan cara manual. Kehadiran teknologi gadget telah mendorong iklim bisnis online yang semakin subur. Segala sesuatu baik berupa barang atau jasa bisa dimunculkan sebagai bisnis oleh tangan-tangan kreatif yang memegang gadget. Termasuk juga Anda. Siapapun bisa menjalankan usaha bisnis online asalkan punya kemauan dan pengetahuan. 

Kemauan yang kuat dalam menjalankan bisnis online telah membuat banyak orang sukses meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah dari menjalankan usaha bisnis online. Selain simple dan mudah, biayanya juga cukup murah sehingga lebih berhemat soal modal. Dan tentunya sangat cocok untuk mereka yang hanya memiliki modal terbatas. Mau coba bisnis online? Berikut ini beberapa peluang bisnis online yang mungkin bisa Anda coba untuk menjalankannya: 

1. Bisnis barang online 

Ada banyak jenis barang yang bisa Anda jual secara online. Beberapa jenis barang yang cukup menjanjikan untuk dijual secara online diantaranya adalah produk fashion seperti pakaian, tas, sepatu dan sebagainya. Produk mainan anak edukatif, buku, peralatan dapur dan rumah tangga dan sebagainya. Jenis barang dengan harga terlalu mahal seperti elektronik sering membuat pelanggan ragu untuk membelinya dikarenakan anggapan rawan penipuan pada transaksi bisnis online. Salah satu keunggulan jenis bisnis barang secara online adalah, bisnis ini bisa dikelola dengan system drophsip tanpa harus mengeluarkan modal. Tinggal kemahiran Anda dalam mencari pelanggan saja, selanjutnya pelanggan diminta mentransfer uang pembelian, dari uang itulah Anda bisa menjadikannya sebagai modal awal bisnis Anda. 

2. Bisnis jasa online 

Anda punya jasa yang bisa dijual secara online? Kenapa tak mecoba usaha bisnis dengan memanfaatkan skill yang Anda miliki. Misalnya jasa translate, jasa desain, jasa konveksi dan sebagainya. Ada banyak jenis jasa yang bisa ditawarkan orang secara online melalui toko online, jejaring sosial dan sebagainya yang akan mampu mendatangkan pelanggan-pelanggan baru, bukan hanya dari yang ada di dunia nyata di lokasi bisnis Anda. 

3. Bisnis online dengan system banner iklan 

Bisnis online jenis ini menuntut Anda mengetahui dan paham seluk beluk mengelola blog, sebab umumnya yang menggunakan bisnis online jenis ini adalah para blogger. Prinsipnya bagaimana menyajikan konten blog yang disenangi pengunjung sehingga pengunjung ramai. Dengan demikian akan meningkatkan daya tawar dari website Anda kepada pihak ketiga untuk memasang iklan di website Anda. Portal-portal besar sukses mendapatkan banyak iklan dari setiap berita yang diposting setiap hari. Semakin banyak postingan maka peluang keuntungan akan semakin besar. 

 4. Bisnis online SEO 

System bisnis ini cukup banyak dijalankan orang, prinsipnya adalah bagaimana melakukan optimasi website di mesin pencari melalui postingan yang kita buat, sehingga website kita akan berada di peringkat atas mesin pencari. Dengan demikian, daya tawar website kita akan semakin tinggi untuk pihak ketiga melakukan pemasangan iklan. Bisnis dengan system SEO merupakan bisnis jangka panjang yang harus dikelola secara sabar dan ulet. Keuntungannya tidak bisa dinikmati seketika, namun membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Ada banyak jenis bisnis lain yang dikelola orang saat ini seperti bisnis google adsense, bisnis investasi online dan sebagainya. Dalam mengelola usaha bisnis online juga membutuhkan pengetahuan yang khusus agar bisa berjalan dengan maksimal. Keuntungan akan semakin berlipat jika Anda mengkolaborasikan marketing online dan marketing offline. 

System bisnis yang dibangun harus bagus sehingga bisnis online akan berjalan lancar. Salah satu kendala dalam menjalankan usaha bisnis online adalah stigma orang tentang anggapan berbelanja online rawan penipuan. Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk menghadirkan barang secara offline guna meyakinkan konsumen yang ingin datang dan melihat langsung produk yang Anda jual. Beberapa tipe pelanggan tidak menyukai cara belanja online, mereka lebih suka kalau melihat barang secara langsung yang akan dibeli.