4 Smartphone Tahan Air yang Bisa Anda Miliki

Punya smartphone mahal tak ada gunanya jika sudah masuk ke dalam air. Mengingat smartphone kini menjadi benda yang bisa dinikmati oleh siapa saja termasuk kalangan anak, Anda harus memproteksi berbagai kemungkinan yang terjadi pada barang mahal Anda. Karena terkadang atas ketidak sengajaan, kelalaian maupun karena usilnya tangan anaka-anak Anda, smartphone mahal bisa masuk ke dalam air dan rusak. 

Oleh karena itulah kini hadir berbagai merek smartphone tahan air (water resistant) yang akan membantu Anda menjaga keamanan smartphone yang Anda miliki. Lebih tahan lama dan pastinya Anda tak khawatir saat dipegang anak Anda. Berikut ini 5 smartphone tahan air terbaik yang bisa Anda miliki: 

1. Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge 

Sertifikat IP68 yang baru dikeluarkan oleh Samsung memberi garansi pada antidebu dan tahan air pada ponsel. Ponsel akan bertahan selama 1,5 hingga 30 menit dalam air. Sertifikat ini sekaligus telah tersemat pada dua ponsel Samsung yakni Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge. Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge memiliki chip, RAM, kamera yang sama akan tetapi berbeda dalam ukuran kapasitas baterainya. 

2. XPeria Z5 

Bagi pecinta Sony, seri Soni Xperia Z semuanya memiliki sertifikat IP68, tak terkecuali untuk XPeria Z5. Artinya sama seperti Samsung di atas, tipe ponsel ini mampu bertahan dalam debu dan rendaman air. Untuk rendaman air, sesuai dengan sertifikat yang dimiliki, smartphone tipe ini akan mampu bertahan selama 1,5 hingga 30 menit dalam air. Xperia Z5 Pink dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 810, dipadukan dengan CPU octa-core, 64 bit, dan kemampuan 4G LTE. 

3. Motorola Moto X Pure Edition 

Smartphone ini baru dirilis tahun 2015. Berbeda dengan dua smartphone sebelumnya, Motorola Moto X Pure Edition hanya dilengkapi sertifikat IP52. Artinya smartphone tipe ini hanya mampu bertahan dalam cipratan air semata namun belum bisa untuk direndam dalam air. Keunikan tipe ponsel ini memiliki lampu LED di bagian depan dan dilengkapi dengan slot ekspansi microSD. 

4. HP Elite x3 

Jika Anda menginginkan hp tahan air dengan high end Windows 10, maka tipe HP Elite X3 bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Tipe ponsel ini dilengkapi dengan sertifikat IP67 yang artinya hp ini masih mampu bertahan di dalam air selama 1 hingga 30 menit lamanya. Ponsel ini memiliki ukuran layar 6 inci dan dilengkapi dengan chip Qualqomm Snapdragon 820, CPU quad core, RAM 4 GB. Selain itu ponsel ini juga dilengkapi dengan 16 MP, kamera depan 8 MP, sensor sidik jari dan juga pemindai iris mata. 

Jika Anda belum memiliki anggaran yang cukup untuk memiliki beberapa merek smartphone di atas, maka Anda harus pintar-pintar melindungi smartphone Anda dari resiko masuk ke dalam air. Selain menggunakan pelapis yang aman, pastikan juga segera Anda keringkan air ketika handphone benar-benar masuk ke dalam air. Keringkan ponsel jika terkena air dan tunggulah beberapa waktu. Beberapa orang bahkan menjemur ponsel mereka saat tercelup ke dalam air. 

Jika tidak terlalu lama di dalam air biasanya ponsel masih bisa diselamatkan. Beberapa teknologi terbaru smartphone menghadirkan berbagai fitur canggih dan sertifikat yang memberikan jaminan kualitas kemananan yang lebih baik. 

Smartphone ternama dunia seperti Samsung selalu hadir memberikan inovasi produk terbaik. Bagi Anda yang memiliki resiko besar handphone Anda bisa masuk ke dalam air karena alasan pekerjaan atau kondisi di rumah, maka bisa memilih beberapa tipe ponsel di atas yang bisa memberikan keamanan yang lebih.