3 Tips Mengisi Baterai Smartphone Lebih Cepat

 foto: beriTekno.com



Punya smartphone yang baterainya cepat habis memang cukup menjengkelkan. Bagaimana tidak, di saat sedang dibutuhkan, ponsel sudah keburu mati. 


Bepergian pun menjadi tidak nyaman karena baterai yang lebih cepat habis. Banyak orang menggunakan powerbank untuk mengatasi masalah ini. Namun ternyata, hal ini bukan lah solusi yang terbaik. 

Pada satu ketika mungkin Anda membutuhkan powerbank tersebut, namun membiasakan ponsel dihubungkan pada benda tersebut juga kurang bagus dampaknya. 

Diantara efek samping penggunaan powerbank pada smartphone adalah baterai cepat panas, baterai bocor sehingga smartphone rusak, kerusakan pada kartu SIM serta kemungkinan smartphone bisa meledak karena efek panas. 

Nah, jika Anda ingin bepergian namun kondisi baterai handphone lemah, maka Anda bisa memanfaatkan sedikit waktu dengan mengisi atau mencharger smartphone tersebut. Agar saat dicas cepat penuh, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan: 

1. Matikan ponsel saat sedang dicas 

Kebiasaan banyak orang selalu menggunakan smartphone saat dicas, padahal ini akan sangt berpengaruh pada kualitas baterai. Selain itu efek yang langsung dirasakan adalah pengisian daya menjadi lebih lambat. 

Oleh karena itu, jika ingin mengisi baterai, pastikan aktivitas di ponsel Anda hentikan untuk sementara. Chatting-chatting tak penting sebaiknya ditunda saja. 

2. Gunakan charger asli 

Lihat bedanya jika Anda mengisi daya dengan menggunakan charger palsu, hasilnya akan lebih lambat. Jaga dengan baik charger handphone Anda, jangan sampai rusak. Karena jika sudah rusak biasanya jarang yang mau membeli charger original. Akibatnya baterai smartphone menjadi sulit diisi, bahkan kualitasnya pun berkurang. 

3. Gunakan fitur turbo charging 

Jika smartphone Anda mendukung fitur ini, maka sebaiknya Anda menggunakannya agar pengisian baterai bisa lebih cepat. Namun tidak semua smartphone memiliki layanan ini. 

Jika Anda jenis orang yang sulit atau tidak sabar dalam menunggu, maka sebaiknya memilih smartphone yang memiliki fitur turbo charging. Pengisian bisa lebih singkat dan cocok untuk mereka yang sering bepergian. 

Sebagus apapun smartphone Anda kalau baterainya cepat rusak tentu saja tidak nyaman untuk dibawa-bawa. Jaga dengan baik kualitas baterai, smartphone yang awet baterainya bisa lebih lama digunakan.