7 Langkah Mengatasi Smartphone Lemot

 foto: klikmania.net



Sangat menjengkelkan jika punya smartphone yang lemot. Kalau kamu punya banyak uang, sudah pasti kamu akan ganti versi smartphone terbaru dengan kapasitas memori yang lebih tinggi, tapi bagaimana jika tidak? kamu harus tau tips dan trik mengatasinya, jangan langsung dibanting. 


Yuk intip langkah-langkah mengatasi smartphone lemot berikut ini: 

 1. Minimilisir aplikasi game 

Kalau kapasitas smartphone kamu pas-pasan, nggak usah maksa punya game yang sedang trend. Karena sudah pasti smartphone kamu bakalan lemot banget. Sebaiknya mulai lah meninggalkan beberapa game, mungkin kamu bisa menggantinya dengan kegiatan yang lebih bermanfaat seperti menulis atau membaca. Hapus aplikasi game kamu sekarang kalau ingin smartphone kembali lancar. 

2. Perbaharui software 

Saat membuka smartphone, mungkin Anda akan menemukan pertanyaan di layar smarphone, “Satu pembaruan perangkat lunak yang tersedia, apakah Anda ingin memperbaruinya sekarang?” kebanyakan orang mengabaikannya, padahal jika kamu ingin smartphone menjadi lebih lancar, kamu harus segera memperbaharuinya. 

3. Matikan berbagai aplikasi 

Kalau kamu sudah selesai menggunakan aplikasi tertentu, segera non aktifkan. Membiarkannya akan membuat smartphone semakin lemot. Misalnya, wifi, Bluetooth dan sebagainya. 

4. Bersihkan ponsel secara berkala 

Foto-foto, video dan sebagainya yang sudah lama sebaiknya jangan dibiarkan lama-lama ada di smartphone kamu, segera hapus dan bersihkan. Mungkin kamu berpikir sayang untuk membuangnya, tapi ternyata setelah dihapus, kamu juga tak akan mencarinya. 

5. Istirahatkan ponsel 

Hampir setiap saat smartphone ada di tangan kamu, tak ada waktu untuk benda itu istirahat. Ternyata memberi waktu istirahat pada smartphone akan membantu mengurangi kelemotan smartphone tersebut. 

6. Reset pabrik 

Jika kamu merasa pusing dengan kondisi lemot yang sudah parah, maka langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah reset ulang seperti bawaan pabrik. Kamu akan melihat smartphone kamu menjadi lebih ringan dan lancar. 

7. Perhatikan wallpaper 

Pakailah wallpaper yang ringan. Gambar bergerak akan membuat operasi menjadi semakin berat. Hapus wallpaper yang demikian jika ingin lemot smartphone kamu berkurang.