Tips agar janin bayi anda sehat dan cerdas


Siapa coba yang tidak ingin memiliki seorang anak yang sehat sempurna dan cerdas. Sudah pasti itu menjadi dambaan setiap orang tua. Nah bagaimana caranya agar kita bisa memiliki anak yang cerdas dengan memberikan yang terbaik untuk bayi anda, sejak masih dalam kandungan. Itu bukan merupakan hal yang aneh, jika sejak bayi dalam kandungan, seorang ibu sudah merangsang, mendidik, dan memberikan kebutuhan nutrisi yang dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan pembentukan otak dan kecerdasan sang bayi. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh sang ibu kepada janin yang dikandungnya agar kelak menjadi anak yang cerdas antara lain :

1. Memperhatikan asupan gizi

Kebutuhan gizi bagi ibu hamil sangat perlu di perhatikan dan dijaga. Semakin bertambahnya usia kandungan anda, makan akan semakin besar kebutuhan nutrisi yang diperlukan. agar perkembangan kecerdasan janin sejak usia kandungan dapat dimaksimalkan, berikan asupan makanan yang mengandung asam amino, kolin, AA-DHA, zat besi, Asam folat, iodium, dan vitamin A. kebutuhan gizi ini dapat di temukan pada kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan. Intinya, jika anda ingin bayi anda lahir sehat dan cerdas, maka mulai dari sekarang berusahalah untuk menyukai sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan.

2. Kebutuhan akan kasih sayang ibu dan ayah.

Kalau dipikir-pikir apa pengaruhnya kasih sayang yang diberikan ibu dan ayah dapat membantu meningkatkan kecerdasan janin anda. Faktor psikologis ini memang perlu diperhatikan. Seorang ibu harus dapat menerima kehamilannya dengan penuh kasih sayang, juga harus mendapatkan kasih sayang dari suami/ayah dari anak anda. Dengan begitu anda akan bahagia, pikiran anda akan tenang, anda menerima kehamilan anda dengan penuh keihklasan tanpa beban sedikitpun, sehingga perkembangan kecerdasan anak anda dapat tumbuh secara optimal.

3. Olah raga teratur

Dari sebuah sumber yang saya baca dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa seorang anak yang dilahirkan dari rahim seorang ibu yang gemar berolahraga memiliki tingkat intelegensi yang cukup tinggi. Baik kecerdasan, dan kemampuan bahasanya. Bukankah kita semua mengetahui bahwa dengan berolahraga akan memberikan kebugaran bagi diri kita, memperlancar peredaran darah dan memperlancar pendistribusian oksigen dalam tubuh kita, nah begitu kita hamil, oksigen yang masuk ke dalam janin lebih maksimal, sehingga pembentukan otak janin dapat lebih maksimal pula. Namun untuk anda yang hamil besar, konsultasikan dengan dokter gerakan apa saja yang bisa dilakukan. Yang lebih amannya adalah jalan santai, berenang, senam hamil, dan yoga, karena itu semua dapat membantu proses persalinan nantinya.

4. Stimulasi fisik/motorik

Cara ini dapat dilakukan dengan mengelus-ngelus si jabang bayi dengan penuh kasih sayang yang tulus, rangsangan ini memberikan getaran-getaran positif pada janin, sehingga sang janin akan merasakan kebahagiaan dan merasakan sentuhan kasih sayang. Effeknya bayi akan memaksimalkan perkembangan otaknya.

5. Stimulasi musik

Kedengarannya aneh memang, tapi dengan musik lembut yang di tempelkan pada jabang bayi dapat memberikan rangsangan positif dan sugesti kebahagian pada sang jabang bayi. Karena pengenalan music pada otak bayi memerlukan kerja semua bagian otak, sehingga dapat memaksimalkan kecerdasan.