Begini Caranya Keluar dari Saluran BBM Palsu

 foto: solopos



Belakangan banyak sekali masuk broadcast tawaran bergabung ke saluran Blackberry Messenger palsu. Dalam sehari beberapa orang bisa mengirimkan pesan saluran palsu itu kea kun Anda.


Tak hanya mengajak bergabung ke saluran, pesan broadcast tersebut menjanjikan pengguna akan selalu menerima update terbaru secara otomatis.

Bahkan, pengguna juga ditawari akses BBM cuma-cuma tanpa kuota. Jika sudah terlanjur menerimanya, maka yang harus Anda lakukan adalah keluar dari saluran tersebut. Sebab pihak BBM sendiri mengaku informasi itu tidak valid dan berpotensi untuk disalah gunakan.

 "Bagi para pengguna BBM, harap tidak bergabung dan menyebarkan akun saluran (channel) palsu C0035E285, seperti pada gambar di bawah ini. Terima kasih," tweet akun @BBM pada Jumat (20/1/2017).

Bagaimana caranya keluar dari channel saluran bbm palsu tersebut? berikut ini langkah-langkahnya: Berikut cara untuk meninggalkan BBM Channel palsu:

1. Buka aplikasi BBM di ponsel Anda

2. Tap menu utama lalu pilih Channels

3. Pilih Channels yang Anda ikuti

4. Tap menu di bagian kanan atas

5. Pilih Leave, seketika Anda akan meninggalkan BBM Channel.

Sebenarnya apa bahaya dari channel palsu tersebut? pakar keamanan siber dan kriptografi Pratama Persadha menuturkan.

 "Konsep BBM dulu kan hanya chatting, sekarang berubah fungsi menjadi media. Enggak usah buka media lain, semua tersentralisasi di BBM. Mau ngapain-ngapain udah ada di BBM semua.

Nah, dengan berubah fungsinya BBM, semua orang bebas bisa bikin channel, ini kaya semacam fanpage kalau di Facebook. Tujuan utama dia (orang tak bertanggung jawab) mencari user banyak," ucap Pratama.

Ia juga menjelaskan, saluran yang telah mencapai 4 jutaan pengguna itu sangat rentan disalah gunakan oleh para pengguna.

Bisa saja disebarkan malware, trojan, virus yang sangat membahayakan pengguna. Semua data transaksi internet banking yang ada di pengguna bisa dicuri oleh hacker. Bahkan data para pengguna, termasuk juga nomor telepon, bisa saja dijual ke perusahaan keuangan. Semua data dari personal riskan dijual.