Cara Membuat Secreenshoot untuk Berbagai Perangkat

foto: pandaibahasainggris.com



Screenshoot banyak digunakan orang sebagai bukti tentang sesuatu yang mereka temukan di layar, aplikasi dan sebagainya. Bagi seorang pebisnis, penggunaan screenshoot biasanya dipakai untuk dijadikan alat marketing bisnisnya. 


Pemotretan gambar pada layar atau screenshoot di tiap perangkat tentunya berbeda. Mungkin Anda masih bingung, bagaimana perangkat Anda dalam menghasilkan sebuah screenshoot. Padahal mungkin Anda sangat membutuhkannya untuk berbagai hal. 

Nah, berikut ini beberapa perangkat dengan cara membuat screenshoot yang berbeda: 

1. Windows 

Pada windows terdapat banyak cara dalam membuat screenshoot, salah satunya dengan menggunakan tombol PrtScn yang ada di keyboard. Buka layar yang akan screenshoot, lalu tekan tombol prtScn. Screenshoot akan langsung terbentuk, copy dan pastekan ke paint atau fotoshop. 

Lalu save dengan format gambar yang kamu inginkan. Beri nama, dan screenshoot siap di upload di aplikasi yang kamu inginkan. Selain cara tersebut, pada window kamu juga bisa membuat screenshoot dengan menggunakan tombol Windows+PrtScn, lalu kamu bisa menemukan folder screenshoot pada folder picture. 

2. Apple 

Pada apple, untuk membuat sebuah screenshoot bisa menggunakan tombol Ctrl+Shift+Cmd+3 untuk menyalinnya ke clipboard, atau juga Shift+Cmd+3 untuk menyimpannya dalam format PNG ke desktop. 

Jika hanya ingin menggunakan sebagian layar saya, kamu bisa menggunakan Ctrl+Shift+Cmd+4. Gunakan drag untuk mengambil bagian layar yang kamu inginkan. Sebagai informasi, iTunes, siaran TV, atau film tidak akan bisa kamu ambil karena alasan hak cipta. 

3. Smartphone tablet dan android 

Pada perangkat android secara umum, cara mengambil screenshoot dengan menekan tombol Volume Down+Power bersamaan. Apabila berhasil akan muncul kelipan dan notifikasi. Namun beberapa perangkat android memiliki cara yang berbeda dalam membuat screenshoot tersebut. 

4. IOS 

Pada perangkat ini terbilang sangat mudah dalam membuat screenshoot. Yang perlu kamu lakukan adalah menekan secara kombinasi tombol Sleep/Wake+Home. Semua perangkat pada iOS memiliki cara yang sama dalam membuat screenshoot. 

Selain itu, dengan adanya aplikasi ketiga semisal Lonelyscreen, kamu bisa merekam tampilan layar dari perangkat iOS yang sedang kamu pakai dengan menggunakan fitur AirPlay. 

Nah, cobalah mulai mengotak-atik perangkat yang kamu miliki. Semoga kamu tak bingung lagi dan bisa mengunggah berbagai hal penting menggunakan screenshoot.