Waduh, Ternyata Smartphone Kamu Bisa Jadi Sarang Bakteri

 foto: playtoko.com



Pernahkah kamu berpikir smartphone yang kamu gunakan sehari-harinya selama ini sangat banyak mengandung bakteri? Bakteri ternyata tak hanya banyak di toilet, tapi benda yang kemana-mana Anda bawa seperti smartphone pun sangat banyak mengandung bakteri. Mengapa demikian? Dari mana bakteri itu muncul? 


Dikutip dari laman News Australia, Senin (17/8/2015), para peneliti yang berasal dari University of Surrey, Inggris telah melakukan uji coba pada 30 buah smartphone dan 30 buah tablet. 

Pengujian ini dilakukan untuk melihat seberapa banyak jumlah bakteri dalam masing-masing perangkat. Seperti diketahui, smartphone digunakan setiap waktu oleh pemiliknya, namun yang dilakukan oleh yang bersangkutan lebih sering hanya menggunakannya saja tanpa pernah membersihkannya. Setiap kali usai melakukan aktivitas, ia menyentuh ponselnya dan mengabaikan kebersihan kondisi tangannya. 

Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu terjadinya penumpukan bakteri pada smartphone dan tablet kebanyakan. Para peneliti dalam uji cobanya tersebut menggunakan kapas yang telah dilumuri cairan khusus. Lalu digunakan untuk membersihkan smartphone dan tablet yang diuji. 

Dari sini bisa dilihat seberapa kotor gadget bersangkutan dan berapa banyak bakteri yang ada di perangkat tersebut. Dari penelitian ini, diperolah hasil paling mencengangkan, pada satu kali sekaan kapas, ditemukan 15.000 bakteri enterobacteria.Ini merupakan tablet paling kotor yang diteliti. 

Beberapa tablet dan smartphone lainnya yang mungkin penggunanya lebih menjaga kebersihan, ditemukan hanya sekitar 1000 bakteri enterobacteria.

Namun jumlahnya sangat sedikit dari yang ada. Hanya sekitar 7 dari 30 perangkat yang ditemukan bakterinya lebih sedikit. Para peneliti ini pun menyarankan, agar para pemilik gadget bisa membersihkan perangkat mereka sesering mungkin dengan cairan khusus. Jika hanya membersihkannya dengan kapas dan air biasa maka itu tidak cukup. 

Gunakan air sanitizer sehingga bisa membersihkan bakteri yang banyak menempel pada smartphone. Untuk mengantisipasi hal ini, saat ini telah dilakukan beberapa inovasi teknologi. Seperti misalnya, Corning telah merancang layar Gorilla Glass anti mikroba bagi para konsumennya. 

Nantinya layar ini akan disematkan pada smartphone ZTE Axon. Layar ini dipercaya mampu menghilangkan mikroba hingga 99%. 

Demikian juga Microsoft, kini hadir dengan fitur UV Light System. Sinar ini mampu membunuh bakteri secara otomatis. Dan kemungkinan pada pengguna Lumia dan tablet Surface bisa menikmati teknologi ini.