Keren, Bangunan Perpustakaan Ini Saingi Pustaka Soeman HS




 foto: brilio.net

Daerah Istimewa Yogyakarta membuktikan dirinya sebagai kota pelajar. Sebuah perpustakaan megah bernama Grahatama Pustaka berdiri di kota ini. Perpustakaan ini terletak di Jl. Janti, Banguntapan Bantul, D.I. Yogyakarta. 

Nama perpustakaan ini memiliki makna yang unik dalam bahasa Jawa. Yakni berarti ‘tempat menyimpan swaka’. Disebabkan di dalam perpustakaan ini menyimpan banyak buku baru dan buku langka yang sudah tidak dicetak lagi, maupun buku-buku versi digital. Konon di pustaka ini disimpan tidak kurang dari 7500 judul, sebagai koleksi langka berupa naskah kuno dan stablats. 

 foto: brilio.net


Naskah tersebut hanya bisa dibaca di tempat, dan saat ini sedang mulai dialihkan dalam versi digital. Di dalam perpustakaan ini tersimpan 180.000 buku dengan kapasitas bangunan yang mampu menampung hingga 2000 orang pengunjung. 

Fasilitas paling istimewa dari perpustakaan Grahatama Pustaka ini adalah bioskop 6 Dimensi. Pihak pengelola perpustakaan mengklaim, di Indonesia fasilitas ini masih terbilang langka. 

Selain itu, pendirian perpustakaan ini telah menyedot anggaran sebesar Rp 70 miliar dan berdiri di atas lahan seluas 2,4 hektare. 

 foto: brilio.net



Arsitektur dari perpustakaan ini mengandung filosofi Jawa yang cukup kuat. Bangunan luarnya dibuat dengan empat menara menjulang. Keempat menara ini mengandung makna empat kesempurnaan bagi masyarakat Jawa Jawa, yakni Prakoso, Wulung, Wangi, dan Agung. 

Dengan demikian diharapkan masyarakat mampu mencapai derajat yang tertinggi dalam hidup mereka setelah menyerap ilmu pengetahuan yang banyak dari perpustakaan tersebut. 

Nah buat kamu yang di Riau, bisa bandingkan, keren mana dengan Perpustakaan Soeman HS?