Mencegah mual muntah saat hamil


Bisakah kita menghindari dan mencegah mual muntah saat hamil?. rasa mual dan muntah (morning sickness) saat hamil merupakan tahapan kehamilan yang biasa di alami oleh sebagian ibu yang penah hamil. namun secara tingkatan memang berbeda-beda. Ada yang sama sekali tidak mengalami muntah muntah, ada yang tidak telalu berpengaruh, namun ada juga yang tingkat rasa ingin muntah dan mualnya tinggi sehingga diperlukan pengobatan khusus untuk itu. Mual muntah biasanya terjadi saat kandungan sudah berusia 3 bulan (kebanyakan) namun ada juga yang terjadi hanya di minggu pertama kehamilan, 2 bulan, bahkan ada yang 4 bulan. Modelnya pun bervariasi, ada yang masih sanggup makan, ada juga yang tidak bisa “masuk” sama sekali. Jika kejadiannya sudah sangat parah akan bisa mual hingga kemana-mana. Dampaknya jadi malas mandi, ingin tidur melulu, tidak bersemangat, malas beraktifitas seperti biasa, sakit kepala, tingkat emosinya tinggi, bahkan ada muntah begitu lihat suaminya sendiri. Parah ya?. Tapi begitulah kondisi orang yang sedang hamil.

Gangguan kehamilan ini memang sudah biasa terjadi, dan sukar dihilangkan. Mengingat telah terjadi peningkatan kadar Hormon Chorinic Gonadotropin (HCG) (sumber : Wikipedia) dalam kondisi kehamilannya. Jika kadar hormon HCG tersebut sudah berkurang maka secara otomatis akan hilang juga dengan sendirinya rasa mual muntah tersebut. Namun jangan pernah khawatir terhadap morning sickness ini, meski tidak bisa dihilangkan, namun masih bisa kita minimalisir. Berikut ada beberapa cara untuk mengurangi dan mencegah mual muntah saat hamil.

Tips mencegah mual muntah saat hamil :

  • Jika susah untuk makan, karena harus muntah, makanlah sedikit-sedikit saja namun dengan frekuensi yang lebih sering.
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat seperti : kentang, ubi-ubian, roti, dan kue-kue yang terbuat dari gandum.
  • Makanlah sayuran hangat seperti sup maupun sayur bening bayam dan lain-lain agar dapat menambah selera makan anda.
  • Jamur, kentang, ikan, daging, gandum, ragii, kacang-kacangan, papaya, tebu dan pisang memilki vitamin B6 yang memiliki sifat anti mual.
  • Minumlah juice buah-buahan segar seperti melon, mangga, papaya, pisang, tomat, pear, jambu biji dan lain-lain.
  • Beli dan minumlah susu khusus ibu hamil yang dapat mengatasi dan mencegah mual muntah saat hamil.
  • Makanlah makanan yang paling anda sukai dan anda inginkan saat itu. Sejauh anda tidak memiliki pantangan terhadap makanan tertentu.
  • Untuk menambah tenaga, minumlah sari kurma atau madu asli setiap pagi dan sore. juga jaga agar kebutuhan air putih anda terpenuhi min 8 liter/hari. Baik jika anda minum air hangat agar terasa enak di badan.
  • Jika ada terasa mual, pergilah berbaring di tempat tidur sesaat, hingga rasa mual itu hilang dan menghirup aroma terapi di kamar anda.
  • Hindari pemicu mual muntah anda seperti asap knalpot, rokok, bau makanan tertentu, dan bau-bau lainnya.

Nah, begitulah kurang lebih cara mencegah mual muntah saat hamil, dibawa enjoy, dan nikmatilah kehamilan anda sebagai suatu proses yang memang anda tunggu-tunggu. Agar anda selalu berbahagia dan merawat kehamilan anda dengan sebaik-baiknya.