Begini Cara Ozil Pakai Sepatu Supaya Menang Saat Bertanding

Siapa yang tak kenal Mesut Ozil? Bintang lapangan hijau beragama Islam ini ternyata tak hanya bangga dengan cara-cara religiusnya untuk meraih prestasi di lapangan, cara sederhana seperti memakai sepatu pun ternyata jadi kunci keberhasilan Ozil saat bertanding. Ia yakin cara pakai sepatu tersebut tersebut ikut membantunya menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Pemain asal Jerman itu, yang sudah memenangi gelar La Liga Spanyol, Piala FA, an Piala Dunia selama berkostum Real Madrid, Arsenal, dan Tim Nasional Jerman, sangat berhati-hati kala mempersiapkan dirinya untuk bertanding. 

Bagaimana cara Ozil memakai sepatu? sebagaimana dilansir Daily Mail, bintang klub Inggris Arsenal ini selalu menggunakan sepatu kanan terlebih dahulu, baru kemudian sepatu kiri. Gelandang serang berusia 25 tahun ini juga punya tradisi sendiri dalam mengikat tali sepatunya. Ikatan tali yang dia buat dapat meningkatkan kemampuannya merasakan bola dengan kakinya. Jika menggunakan tehnik mengikat tali berbeda, dia merasa bola jadi sulit dikendalikan. "Karena saya relijius, saya juga selalu melangkah dengan kaki kanan dulu setiap masuk ke lapangan," katanya.

John Edwards, wartawan koran Daily Mail di Inggris menyoroti kebiasaan unik Oezil menjelang pertandingan. Sebagai seorang Muslim, Edward mengingatkan kepada seluruh pemain Arsenal tentang tradisi yang tidak pernah dilupakan mantan pemain Werder Bremen itu. Ia mengimbau, kebiasaan pemain berdarah Turki itu yang selalu memanjatkan doa menjelang laga harus dimengerti rekan-rekannya. Keyakinannya sebagai seorang Muslim, membuat Oezil membutuhkan waktu sebentar untuk tidak diganggu ketika membaca beberapa ayat Alquran. Ini lantaran ia tidak pernah melewatkan untuk membaca doa, entah di lorong stadion, di pinggir atau di tengah lapangan. 

“Sebelum ke lapangan, saya menghabiskan beberapa waktu untuk berdoa, dan rekan tim tahu mereka tidak bisa berbicara selama saya masih memanjatkan doa,” kata Oezil.