CPNS Akan Jalani Dua Tahapan Tes Seleksi

Tahun 2014 para Calon Pegawai Negeri Sipil akan menjalani dua tahapan seleksi sebagaimana telah disetujui oleh pemerintah pusat. Dua tahapan tersebut antara lain tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kemampuan bidang (TKB). Para pelamar bisa mengikuti kedua tes tersebut setelah mendapat nomor peserta dari panitia tempatan. Hal ini disampaikan oleh disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, M Guntur kepada Riau Pos, Kamis (18/9) di Pekanbaru. 

Menurutnya, mekanisme seleksi tersebut juga telah disosialisasikan ke masyarakat. ‘’Kami di BKD terus melakukan persiapan. Mudah-mudahan prosesnya berjalan seperti yang diharapkan,’’ ungkapnya. 

Untuk tahap awal, para peserta akan mengikuti TKD yang meliputi tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum dan tes karakteristik pribadi. Sedangkan untuk TKB dilakukan dengan sistem wawancara. Hal ini mengacu pada mekanisme yang diterapkan panitia seleksi nasional (panselnas) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) dan Reformasi Birokrasi (RB).

 Lebih lanjut Guntur menjelaskan pihaknya juga telah melakukan beberapa langkah persiapan, seperti mengoptimalkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, yakni Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan pihak universitas yang siap mendukung penyelenggaraan seleksi menjadi aparatur pemerintah tersebut. 

‘’Kami juga telah melakukan rapat panitia lokal, khususnya untuk penerimaan. Beberapa persiapan juga telah kami lakukan untuk mendukung kelancaran proses pendaftaran calon peserta seleksi CPNS,’’ imbuh Guntur. Jelang sehari pendaftaran online tersebut, Guntur menghimbau kepada calon pelamar agar bisa mempersiapkan diri dan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.