Mulai Hari Ini Pendaftaran CPNS Dibuka

Seperti yang dijanjikan, hari ini 20 September 2014 sistem pendaftaran CPNS secara online mulai dibuka. Pendaftaran ini akan berlangsung hingga dua pekan ke depan. Informasi ini dikatakan Kepala BKD Riau, M Guntur kepada Riau Pos, Jumat (19/9) di Pekanbaru. ‘’Insya Allah tidak ada kendala. Sesuai jadwal yang ditetapkan, besok (hari ini, red) pagi pendaftaran sudah dapat dimulai,’’ ulasnya. 

Lebih lanjut Guntur menjelaskan bahwa proses pendaftaran dilaksanakan dengan waktu yang bersamaan dengan kabupaten/kota yang juga melakukan penerimaan. Sehingga calon peserta yang ingin berspekulasi untuk mendaftar di dua daerah dipastikan tidak bisa dilaksanakan. Guntur juga mengimbau kepada seluruh pelamar CPNS, untuk dapat memperhatikan persyaratan apa saja yang telah ditentukan. Sehingga, saat dilakukan verifikasi berkas lamaran itu, tidak ada yang kurang. 

Persyaratan pelamar CPNS antara lain, menggunakan kartu penduduk elektronik (E-KTP) Provinsi Riau atau kabupaten/kota atau surat keterangan dalam pengurusan. Usia pelamar serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2014. 

Pengumuman seleksi administrasi akan dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2014. Bagi yang lulus, akan melaksanakan tes kompetensi dasar (TKD) dengan menggunakan sistim computer assisted test (CAT), yang dilaksanakan tanggal 11-24 Oktober mendatang. “Ya untuk proses dan tahapannya sudah kita informasikan melalui website BKD. Masyarakat dapat mengakses persyaratan dan tahapan yang harus dilalui,’’ imbuhnya. 

Guntur juga menerangkan bahwa dua tahapan seleksi yang diusulkan hanya berlaku untuk Pemprov Riau. Pasalnya, kabupaten/kota memilih untuk melaksanakan satu tahapan seleksi. Sampai hari ini ada tujuh kabupaten/kota. Artinya, seleksi CPNS 2014 di kabupaten/kota itu di bawah pengawasan dan asistensi BKN. Ketujuh kabupaten/kota itu yakni Kabupaten Bengkalis, Pelalwan, Rohil, Siak, Kuansing, Pekanbaru dan Dumai. Sedangkan untuk Kabupaten Indragiri Hilir yang menggunakan sistem CAT secara mandiri nanti pihaknya menyiapkan aplikasi untuk ujian CAT yang akan dikirim ke Kabupaten Inhil sendiri.