Terkait Pacu Jalur, Kuansing Tunggu Janji Gubri

Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu, hingga kini masih menunggu realisasi janji Gubernur Riau H Annas Maamun, yang akan memberikan bantuan sebesar Rp2 juta untuk setiap jalur yang berpartisipasi pada festival pacu jalur tahun 2014, yang dihelat di Tepian Norosa Teluk Kuantan, beberapa waktu lalu. Pasca dilaksanakannya pacu jalur tingkat nasional yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Riau H Annas Maamun, masyarakat yang mengutus jalur untuk berpartisipasi pada festival tersebut menunggu realisasi bantuan sebesar Rp2 juta tersebut. 

 ‘’Kami sangat berharap bantuan sebesar Rp2 juta untuk jalur ini bisa direalisasikan dalam waktu dekat, dan kami yakin, Pak gubernur akan segera merealisasikannya,’’ kata Kepala Desa Sukaping Pangean, Marwan SP kepada wartawan, Rabu (3/9). Menurutnya, bantuan sebesar Rp2 juta yang dijanjikan Gubernur Riau sedang dinanti-nanti para pengurus jalur dan masyarakat, misalkan jalur Cahaya Baru dari Desa Sukaping Pangean. Oleh sebab itu, Marwan yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Kepala Desa Kecamatan Pangean menunggu realisasi janji dari orang nomor satu di Provinsi Riau tersebut. ‘’Kita tunggu janji Pak Gubernur. Kalau tidak ada realisasi, saya yakin masyarakat akan banyak kecewa. Soalnya, Pak Gubernur berjanji di hadapan seluruh perwakilan masyarakat Kuansing di seluruh kecamatan dan juga masyarakat Inhu,’’ katanya. 

Dalam upaya mendukung pelestarian pacu jalur, Pemerintah Kecamatan Pangean mengusulkan pembangunan tribun start dan finish di arena pacu jalur, tepatnya di Tepian Rajo, Kecamatan Pangean. ‘’Kami berharap kepada Pak Bupati supaya membangun tribun hakim (finish) dan start di Tepian Rajo Pangean,’’ kata Camat Pangean, Novrion SSos saat menyampaikan sambutan pada acara syukuran jalur Siposan Rimbo RAPP di Desa Pauh Angit Pangean, Kamis akhir pekan lalu. Di Kecamatan Pangean, pacu jalur dihelat setiap tahunnya di Tepian Rajo. 

Oleh sebab itu, diperlukan sarana dan prasarana yang memadai dalam mensukseskan setiap perhelatan pacu jalur tersebut. ‘’Di arena ini selalu kita gelar pacu jalur, tentu harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai,’’ katanya lagi. Diakui Novrion, lokasi pacur di Tepian Rajo Pangean cukup representatif, sehingga setiap dilaksanakan pacu jalur selalu membuat nyaman dan aman peserta pacu jalur dan masyarakat yang menyaksikannya. Dan pihaknya sangat berharap supaya dibangun tribun hakim dan star yang permanen. ‘’Kami berharap kepada Pak Bupati supaya usulan ini direalisasikan,’’ katanya lagi.