Fitur dan Layanan XL Sebagai Pendorong Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

Perkembangan Teknologi Seluler di Indonesia 

Kita tentunya masih belum lupa kapan orang mulai akrab dengan benda mungil bernama ponsel. Di Indonesia, teknologi komunikasi seluler mulai diperkenalkan pada tahun 1984. Sekaligus kala itu menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang pertama kali menggunakan teknologi seluler versi komersial. Dulu ponsel dianggap sebagai barang mewah yang hanya bisa dimiliki mereka dari kalangan ekonomi ke atas. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang selalu mengalami inovasi, saat ini ponsel bahkan nyaris dianggap sebagai benda sampah. 

Secara umum berikut ini adalah tahapan perkembangan dari teknologi seluler di Indonesia: 
1984 : Teknologi seluler diperkenalkan di Indonesia 
1985-1992 : Penggunaan teknologi seluler berbasis analog Generasi 1 (1G) 
1993 : Awal pengembangan GSM 
1994 : Kemunculan operator GSM pertama 
1995 : Kemunculan telepon rumah nirkabel 
1996 : Awal perkembangan layanan GSM 
1997-1999 : Telekomunikasi seluler pada masa krisis moneter 
2000-2002 : Deregulasi dan kemunculan operator CDMA 
2003-2004 : Kemunculan operator 3G pertama 
2005-2008 : Era reformasi Pertelekomunikasian Indonesia 
2009-sekarang : Perkembangan telekomunikasi di Indonesia dengan dikeluarkannya teknologi 3.5G (Sumber: Wikipedia.org) 

Perkembangan teknologi seluler ini menjanjikan banyak hal positif bagi terciptanya berbagai kemudahan di semua aspek kehidupan manusia. Inovasi-inovasi yang dilakukan tentu saja menjadi angin segar bagi kemajuan berbagai tatanan ruang lingkup kehidupan. Dunia bisnis usaha menjadi salah satu bidang kehidupan yang paling banyak menikmati dampak positif perkembangan teknologi seluler. Seluler menjadi media perantara yang sangat membantu kegiatan bisnis di semua level unit bisnis. Bukan hanya pebisnis kelas kakap yang memiliki perusahaan-perusahaan raksasa, bahkan pedagang sayur di pasar pun membutuhkan ponsel untuk perangkat bisnisnya. 

Bisnis Online Sebagai Bagian dari UMKM 

Kehadiran internet telah melahirkan satu definisi baru dalam bidang bisnis usaha, yakni istilah bisnis online. Bisnis online diartikan sebagai usaha bisnis yang dijalankan secara online dengan menggunakan bantuan jaringan internet. Bisnis online terbagi dua, ada yang merupakan usaha bisnis produk online murni dan ada juga yang hanya meng-online kan usaha bisnis yang memang sudah digeluti sebelumnya di dunia nyata. Usaha bisnis online biasanya menggunakan fasilitas toko online berupa website, jejaring sosial atau yang kini sedang trend dengan istilah mall online. Para pengelola UMKM umumnya memilih cara kedua sebagai bentuk usaha bisnis yang mereka kelola. Dengan meng-online kan produk yang mereka miliki di dunia nyata, diharapkan jangkauan marketnya dapat berlipat. 

Hilarius Bambang Winarko, Staf Pengajar Fakultas Bisnis (d/h Sampoerna School of Business) dari Universitas Siswa Bangsa Internasional menyebutkan dalam artikelnya, salah satu faktor pendorong tumbuhnya bisnis baru, terutama bagi pebisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah karena pemanfaatan bisnis online semakin meningkat. Selain berbiaya rendah, juga dinilai efektif dalam menjangkau pelanggan baru. Efektifitas terjadi karena peningkatan layanan Internet, diikuti dengan makin maraknya pasar gadget Android yang semakin murah harganya dan bisa untuk berselancar di dunia maya dengan kecepatan tinggi. Para wirausahawan di bidang UMKM pun menemukan cara-cara baru untuk membangun bisnisnya melalui konvergensi teknologi e-Commerce dengan jejaring social media. Pertumbuhan bisnis ritel online semakin bersinar dari tahun ke tahun, tercatat pada tahun 2003 belanja ritel online senilai USD 55,7 milyar dan pada tahun 2007 berhasil menembus angka USD 125.1 milyar di Amerika Serikat. 

Hubungan antara Bisnis Online dan Teknologi Seluler 

Teknologi seluler menjadi salah satu penopang penting dari usaha bisnis online. Sebagai contoh misalnya, seseorang yang menemukan barang yang ia cari di sebuah toko online akan langsung menghubungi fasilitas kontak yang umumnya menggunakan teknologi seluler. Dari sini lah kemudian transaksi bisa berjalan. Seluler memungkinkan bisnis online berlangsung selama 24 jam. Terlebih kini dengan fasilitas dan berbagai fitur layanan yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan ponsel berkelas. Semua itu semakin mempermudah para pebisnis online sebagai UMKM dalam menjaring pelanggan-pelanggan baru. Teknologi seluler telah memberikan inovasi marketing para pebisnis online yang umumnya para pengelola UMKM. 

Marketing online yang bisa dilakukan secara mobile menjadi salah satu trend marketing yang paling banyak dilakukan orang saat ini. Bukan hanya mudah, cara ini juga menjadi langkah yang paling efektif dalam memanjakan para pelanggan. Para konsumen bisa dengan leluasa melihat melalui dunia virtual barang atau jasa yang akan dibelinya, bertanya kapan saja mengenai barang atau jasa yang diminati dan bahkan melakukan pembayaran cukup hanya dengan duduk manis di atas tempat tidur. Teknologi seluler yang tentunya didukung oleh operator seluler yang handal telah mampu menciptakan sistem berbisnis yang paling mudah dan digemari banyak orang. 

Meningkatnya jumlah pengguna layanan seluler seperti jejaring social menjadi prospek bisnis yang sangat menjanjikan. Sebut saja misalnya WhatsApp kini telah memiliki 600 juta pengguna aktif semenjak dibeli oleh Facebook pada Februari 2014 silam. Sementara raksasa jejaring social Facebook. Sebagaimana dilansir oleh Ubergizmo, Kamis (24/4/2014) diumumkan bahwa layanan Facebook telah dinikmati oleh 1,01 miliar penggina mobile setiap bulan sejak Januari hingga Maret, 2014. 

Fitur dan Layanan Operator Seluler XL yang Mendorong Kemajuan Bisnis Online di Indonesia

Sebagai salah satu operator seluler yang paling mengerti kebutuhan pelanggan, XL telah lama memanjakan para pelanggannya untuk bisa selalu mobile dengan internet sepuasnya. Bagi para pelaku bisnis online inilah pondasi dasar dari sebuah usaha bisnis itu bisa berlangsung. Berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan XL memberikan peranan yang sangat vital bagi berjalannya usaha bisnis virtual. Meskipun para pesaing operator seluler tak mau ketinggalan, XL tetap menjadi pilihan banyak orang. Bukan hanya karena kekuatan jaringan yang dimiliki hingga merambah kawasan pelosok, operator XL juga selalu memberikan inovasi terbaik sesuai dengan kebutuhan para pelanggan yang senantiasa berkembang. Berikut ini beberapa fitur dan layanan XL paling dibutuhkan pelaku bisnis online sekaligus memberikan peran yang sangat penting bagi kemajuan usaha bisnis yang dijalankan: 

a. Paket Internet Unlimited dan Paket Internet Super Unlimited 

Mungkin sebagian kita akan berdalih bahwa paket internet super unlimited maupun unlimited lebih mahal dibanding dengan paket internet milik kita sekarang. Tunggu dulu, hanya dengan Rp. 149.000,- saja dalam hitungan bulanan, kita bisa menjalankan usaha bisnis online dimana saja. Bukan hanya saat berada di kota, bahkan saat kita mobile ke pelosok. Sehingga XL menjadi solusi untuk para pelaku bisnis online yang mungkin tidak bisa stand by di perkotaan, tetapi harus ke daerah untuk memperluas jaringan bisnis. Jika kita masih merasa kurang puas dengan paket unlimited XL, kita juga bisa memanfaatkan layanan yang direkomendasikan XL untuk para pengguna internet yang tinggi, yakni HotRod 3G+. 

b. Layanan M-Banking 

Jadi pebisnis online harus senantiasa siap dengan mesin ATM dalam genggaman tangan. Menjawab kebutuhan itulah layanan M-Banking milik XL hadir dalam membantu kebutuhan transaksi para pelaku bisnis. Khususnya pelaku bisnis online sangat penting menikmati layanan ini. Untuk mengecek transfer pelanggan, atau melakukan pembayaran pembelian yang dilakuan kapan saja dan dimana saja, layanan M-Banking operator XL menjadi pilihan paling popular para pelaku bisnis online. Hanya dengan melalui *123# dan SMS Anda bisa menjalankan usaha bisnis online menjadi lebih mudah. 

c. Kartu Perdana Android dan BlackBerry 

Dengan menggunakan dua jenis kartu perdana yang dirilis XL ini, para pengguna baik android maupun blackberry akan lebih optimal dalam menggunakan masing-masing jenis ponsel. Informasi penting serta tawaran paket super murah dan cepat juga bisa didapatkan dengan menggunakan kartu perdana ini. Inilah yang sangat diinginkan para pelaku bisnis online yang menggunakan android dan blackberry sebagai media utama dalam menjalankan usaha bisnis online. 
d. Tarif nelpon dan sms super murah 

Bukan hanya paket internet yang murah, XL juga menawarkan tarif SMS dan telpon sangat murah. Bersatunya XL dan AXIS yang menghadirkan tarif khusus untuk nelpon ke nomor AXIS yakni Rp 1.750/menit langsung GRATIS 200 menit nelpon ke nomor AXIS berlaku sepanjang hari. Tarif ini tentulah sangat membantu para pelaku bisnis online dalam menghemat anggaran biaya komunikasi yang dikeluarkan. 

Kita patut berbangga kepada setiap operator seluler yang selalu berupaya memberikan berbagai kemudahan bagi pelanggan disetiap aspek kehidupan, tidak semata-mata berbisnis namun mengerti bagaimana membangun masyarakat yang berteknologi. XL sebagai operator seluler yang berpengalaman telah membuktikan kiprahnya dalam mendorong kemajuan iklim bisnis UMKM di tanah air, terlebih lagi UMKM yang memanfaatkan pasar di dunia virtual. Langkah XL ini merupakan kontribusi positif yang senantiasa dinantikan bentuk-bentuk inovasinya agar XL tetap bisa berkiprah menjadi operator seluler yang terbaik dalam upaya membantu geliat bisnis UMKM di Indonesia. (Oleh: Sugiarti, S.Si)