Ganti Pasword Gmail Anda Sekarang!

Waspadalah bagi para pemilik akun email google atau gmail. Ada baiknya sekarang juga Anda harus sering-sering mengganti password email Anda. Demi keamanan dari para perentas jahat di dunia maya. Tahukah Anda, kabar terbaru menyebutkan seperti dilansir engadget.com, anggota forum Bitcoin Rusia telah membocorkan 5 juta username dan password akun Gmail. Sekitar 60% dari akun tersebut masih aktif. Belum dapat dipastikan bagaimana kasus ini bisa terjadi. Namun pihak Google menyatakan penyebabnya adalah hacking dan pishing yang berupaya mencuri data pengguna individu. 

Sementara server Gmail sendiri sebenarnya tidak lah dibobol. Dimana sebagian besar dari akun tersebut adalah akun lama. “Tidak ada bukti bahwa sistem kami telah dibobol,” tulis pihak Google dalam blog, seperti dilansir marketingland.com. Mungkin saja pernyataan ini akan sedikit menghibur, tetapi Anda mungkin harus memeriksa apakah akun Anda adalah salah satu target. Tentunya Anda tidak ingin informasi paling sensitif dalam akun Anda diakses dan dicuri dengan mudah bukan? 

Sejak kabar ini ramai diperbincangkan, pihak Gmail sendiri meminta penggunaanny agar tidak panik. Pasalnya Gmail telah melakukan langkah perlindungan. Kurang dari 2% dari kombinasi username dan password mungkin telah bekerja. Namun secara otomatis Gmail telah memblokir akun dalam daftar yang mencoba masuk. Ini adalah langkah perlindungan bagi akun yang dibobol. Gmail pun meminta agar pengguna mengganti password mereka. 

Dari kasus lima juta password yang dicuri tersebut, Google menegaskan hal itu bukan lah kesalahan dari pihak google. Melainkan kelalaian dari para pemilik akun. Misalnya Anda menggunakan kembali username dan password yang sama pada banyak akun media sosial. Ada kemungkinan juga pencuri menggunakan malware atau berpura-pura menjadi agen resmi untuk mencuri data (pishing). 

Nah, jika Anda salah seorang pemilik akun gmail. Waspadailah pishing sebagai akibat dari kelalaian Anda membuka link-link tak dikenal. Abaikan semua link yang masuk melalui akun email atau jejaring social. Sebab bisa jadi para pencuri masuk kea kun Anda dengan cara pishing tersebut.