Simulasi CAT CPNS Dibuka Besok

Dalam rangka memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengetahui sistem computer assisted test (CAT) CPNS 2014, Pemerintah Provinsi Riau rencananya akan menggelar simulasi system CAT pada Kamis (25/9). Simulasi akan dilakukan untuk 300 calon peserta CPNS yang mendaftar di website Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, M Guntur Selasa (23/9) di Pekanbaru. Menurutnya, kesempatan itu diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat dalam penerapan sistem CAT.

 ‘’Kami bekerja sama dengan BKN Regional 12 untuk melakukan simulasi sistem CAT CPNS. Kegiatan ini juga terbuka untuk umum yang ingin belajar sistem baru tersebut,’’ jelas Guntur. 

Agar bisa menjadi peserta simulasi CAT tersebut, maka calon peserta harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke website BKD Riau. Di mana, 300 orang pertama mendapat kesempatan mencoba perangkat yang telah disediakan dengan didampingi instruktur dari BKN. 

‘’Kita memberi batas untuk 300 peserta, karena pertimbangan peralatan dan waktu. Intinya kita ingin memberikan pelajaran kepada publik,’’ ujar Guntur. 

 Kegiatan simulasi tersebut rencananya akan digelar di Balai Diklat Kepegawaian di Jalan Ronggo Warsito, Pekanbaru. Proses simulasi dilaksanakan dua sesi. ‘’Pagi Kamis kita berikan kesempatan untuk calon praja IPDN. Sedangkan siangnya kita berikan kesempatan kepada publik. Komputer kita siapkan 50. Jadi kalau 300 orang, dilaksanakan dalam enam sesi dengan 25 soal. Mudah-mudahan dapat membantu masyarakat,’’ terang Guntur.