Ini Kuota CPNS 2014 untuk Kota Pekanbaru

Pemerintah pusat sudah menegaskan jika pengumuman formasi CPNS untuk daerah di Indonesia tidak dilakukan serentak. Hal tersebut juga terjadi di Kota Pekanbaru yang hingga saat ini belum jelas formasi CPNS untuk tahun 2014 ini. Namun begitu, seperti diberitakan oleh Riau Pos, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru Azharisman Rozie menyatakan Selasa (2/9) kemarin langsung menjemput draft detil formasi CPNS untuk Kota Pekanbaru. 

 Jika sebelumnya sempat disebutkan kuota Pekanbaru hanya 150 formasi, dengan lobi ulang ke Kemen PAN-RB, akhirnya ditetapkan formasi untuk Pekanbaru mencapai 200 formasi. Meski sudah memiliki draft tersebut, namum Pemko baru akan mengumumkan secara umum pekan depan. ‘’Saya sekarang berada di Jakarta untuk menjemput formasi ini. Ada penambahan dari 150 yang sebelumnya diberikan. Untuk tahun ini, kita mendapatkan kuota sebanyak 200 formasi. Tapi belum akan kita umumkan secara resmi meski nanti di website sudah ada formasinya. 

Sesuai kesepakatan dengan seluruh daerah di Riau termasuk Provinsi, pengumuman secara resmi akan dilakukan pekan depan,’’ terang Azharisman Rozie. Seperti penjelasan sebelumnya, Pemko yang mengusulkan 2.295 formasi untuk CPNS 2014 hanya dikabulkan pusat 85 orang. Karena merasa tidak cukup akan keperluan, Pemko melalui BKD kembali melobi pusat untuk dapat menambah kuota tersebut. Kembali Pusat mengabulkan permohonan Pemko dan meningkatkan kuota menjadi 150 formasi. 

Mengingat kebutuhan CPNS yang mendesak, Pemko tetap tidak berpuas diri dan kembali melobi pusat. Pada akhirnya, Pemko mendapatkan kepastian jika 200 formasi untuk kuota CPNS tahun ini. Berdasarkan Kepmenpan RB nomor 553 tahun 2014 sementara diumumkan jika Formasi jabatan yang disiapkan mencapai 200 orang. Kualifikasinya di antaranya adalah guru PGSD, Guru Bidang Studi, Dokter umum, Analis kesehatan, Perawat, Apoteker, Asisten apoteker, Bidan, Gizi, Kesehatan lingkungan, Akuntansi, Komputer, Arsitektur, Teknik sipil, Planologi, Ilmu pemerintahan, Ilmu pustaka, Psikologi, Ilmu lingkungan, Manajemen, Transportasi darat, Teknik sipil dan lainnya. 

Untuk lanjutannya, Pemko berencana mengumumkannya di situs resmi Pemko Pekanbaru di www.pekanbaru.go.id senin pekan depan. Selain itu, dijelaskan Haris, penerimaan CPNS tahun ini berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Seluruh pendaftar langsung mencantumkan ke mana mereka akan ditempatkan. Misalnya, yang memilih guru SD langsung memilih nama SD-nya. Dengan begitu, mereka yang dinyatakan lulus ujian bisa langsung mengetahui ke mana mereka ditempatkan. 

Untuk hal tersebut, Pemko masih menyusun penempatan untuk CPNS yang diperkirakan akan mulai mendaftar pekan depan dan ujian yang direncanakan pada pekan ke tiga Oktober atau November mendatang. ‘’Sementara itu yang bisa kita sampaikan. Untuk detil masih menunggu kesepakatan bersama dengan Pemprov Riau secara umum. Kita juga menyusun kualifikasi penempatan mereka akan datang datang dan itu jelas membutuhkan waktu. Insya Allah, pekan depan semuanya sudah kita umumkan ke publik lengkap dengan syarat dan ketentuan,’’ terangnya.