3 Kebiasaan Hidup Sehat Pencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang sebenarnya bisa Anda antisipasi sejak dini. Ada banyak sumber makanan yang mengandung zat karsinogen alias pemicu kanker. Menghindari makanan-makanan tersebut tentu saja menjadi salah satu cara yang baik untuk menghindari penyakit berbahaya tersebut. Namun bukan hanya soal makanan, ada juga berbagai gaya hidup tak sehat yang dapat memicu kanker. Sel kanker biasanya terjadi karena adanya mutasi pada pembelahan sel yang diakibatkan oleh adanya radikal bebas yang merusak sel tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa kebiasaan hidup sehat yang jika Anda melakukannya secara rutin maka bisa mencegah Anda dari terserang penyakit kanker tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Mengkonsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang banyak setiap hari. Ini sudah menjadi pengetahuan banyak orang bahwa seyur dan buah kaya akan antioksidan yang dapat mengikat radikal bebas penyebab kanker. Jadi tak ada cari lain untuk mengatasi kanker selain memperbanyak konsumsi sayur dan buah. 

2. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak setiap harinya. Air putih yang banyak akan dapat melancarkan system eksresi dalam tubuh. Racun-racun yang masuk ke dalam tubuh harus segera dibuang melalui pencernaan yang lancar sehingga tak masuk ke tubuh. Racun tersebut bisa jadi akan merusak sel dan menyebabkan terjadinya mutasi sel alias kanker. 

3. Tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alcohol. Rokok dapat memicu terjadinya banyak penyakit jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker mulut, kanker faring dan sebagainya. Ada banyak jenis kanker yang bisa diakibatkan oleh alcohol dan rokok tersebut. 

Hindarilah bahan-bahan yang menjadi sumber karsinogenik seperti lampu yang sudah rusak, zat-zat kimia berbahaya di rumah seperti yang ada pada pestisida dan sejenisnya, asap rokok, zat aditif pada makanan dan sebagainya. Karena memang penyakit datangnya dari perut maka mencegah kanker salah satunya dengan menjaga makanan yang masuk ke tubuh.