Bahaya Lemak Perut Picu Penyakit Jantung

Badan kita sangat rentan dengan tumpukan lemak, terlebih bagi mereka yang menjalankan pola makan dan pola hidup yang tak sehat. Diantara bagian tubuh yang paling rentan mengalami tumpukan lemak adalah perut. Dan lemak perur disebut-sebut sebagai lemak di area tubuh yang paling harus diwaspadai. Artinya jika saat ini perut Anda memiliki banyak lemak, maka segeralah mencari solusi atas masalah tersebut. Sebuah hasil studi baru yang diterbitkan di jurnal Annals of Internal Medicine menunjukkan, mereka yang punya berat badan normal tetapi berperut buncit memiliki risiko lebih besar untuk meninggal dibandingkan dengan mereka yang gemuk merata atau obesitas. Untuk mendapatkan penemuan ini, periset melihat hasil survei terhadap 15.184 orang dewasa dengan usia 18-90 tahun. 

Data dari mereka yang terlibat dalam studi itu dipantau selama 14 tahun untuk melihat bagaimana risiko kematian karena penyakit jantung dan risiko total kematian yang ada hubungannya dengan distribusi lemak. Mereka menemukan orang yang punya indeks massa tubuh normal tetapi rasio pinggang terhadap pinggul tinggi memiliki risiko kematian lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang punya indeks massa tubuh tinggi, tetapi dengan persebaran lemak merata. Kendati studi ini tidak ditujukan untuk mencari tahu alasan terjadinya hal tersebut, peneliti berspekulasi bahwa penyebabnya adalah lemak yang disimpan di perut atau visceral. Lemak visceral lebih berbahaya dibandingkan lemak di bawah kulit. 

Lemak perut ini dapat menyebabkan resistensi insulin serta peradangan. Itu sebabnya orang-orang dengan lemak visceral berisiko tinggi terkena masalah jantung dan masalah lain yang meningkatkan risiko kematian.