Mengenal Pola Makan Ala Rasulullah

Islam sebagai ajaran yang sempurna memperhatikan banyak hal atas ummatnya. Bahkan untuk pola makan yang sehat pun diatur dalam Islam. Rasulullah, Nabi Muhammad mencontohkan langsung bagaimana pola makan yang sehat bagi tubuh. Beberapa hadist Rasulullah pun menyebutkan beberapa tips pola makan sehat bagi manusia. Berikut ini beberapa tips pola makan sehat sesuai sunnah Rasulullah, jika ingin sehat maka lakukan lah hal-hal sebagai berikut: 

1. Berhentilah sebelum kenyang, sebuah hadist menyebutkan sepertiga perut digunakan untuk bernafas, sepertiga lagi untuk makan dan sepertiga lagi untuk minum. Jadi makan ada batasnya. Saat kita telah makan dan merasa belum kenyang lalu berhenti, tunggulah beberapa saat. Rasa kenyang itu akan muncul. Namun jika Anda berhenti menunggu kenyang, percayalah beberapa menit kemudian Anda akan kekenyangan.

 2. Tidak mencampur makanan darat dan makanan laut, jadi kalau makan ikan jangan makan daging sapi atau telur, makan lah teri atau yang lainnya yang berasal dari laut juga. 

 3. Tidak mubazir, makan lah sedikit tapi habis, itu lebih berkah dibanding Anda mengambil banyak lalu membuangnya karena tidak habis termakan. 

Makan tidak berlebihan, tidak minum selama makan kecuali terpaksa dan sebagainya merupakan pola-pola makan sehat yang juga sesuai dengan ajaran Rasulullah. Perut menjadi pusat penyakit, jadi berhati-hati lah memasukkan sesuatu ke dalam perut Anda.