Hati-Hati, Di Pantai Padang Sumbar Ada Buaya

Bila Anda berniat mengunjungi Pantai Padang di Sumbar dalam waktu dekat, sebaiknya Anda berhati-hati. Pasalnya saat ini seekor buaya liar berkeliaran di sekitar kawasan Pantai Padang. Seperti diberitakan Singgalang yang dilansir dari Antara, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat tengah melakukan pencarian buaya tersebut ejak sejak Minggu (17/1) sore, agar tidak membahayakan pengunjung. 

 “Itu buaya muara yang kehilangan habitat dan saat ini diperkirakan berada 30 meter dari bibir pantai,” kata Kasat Polisi Hutan BKSDA Sumbar, Zulmi Gusnul, Senin (18/1). 

Habitatnya ialah di Batang Kuranji, Muaro Anai Lubuk Buaya dan Muaro Penjalinan, namun diperkirakan menjauhi habitat karena pesatnya pembangunan di kawasan tersebut. Keberadaan buaya itu di kawasan Pantai Padang diperkirakan sedang mencari habitatnya di sekitar Muara Padang, namun sebenarnya tidak ada lagi lokasi yang cocok karena kawasan sungai di Kota Padang merata padat penduduk. 

“Jika buaya itu telah tertangkap, maka akan dibawa ke Pasaman Barat,” ujarnya. Pasaman Barat dinilai masih memiliki banyak sungai untuk buaya muara seperti di kawasan Air Bangis, Kinali, atau Tiku (Agam). 

Untuk saat ini, ia mengimbau masyarakat Kota Padang, termasuk wisatawan atau pengunjung Pantai Padang, untuk mengurangi aktivitas di sekitar pantai khususnya berenang.