Inilah Bahayanya Jarang Makan Buah dan Sayur

Anda jarang atau tidak suka makan sayur atau buah? Jangan anggap sepele, ubahlah gaya hidup buruk Anda tersebut. Mulailah membiasakan konsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang lebih banyak. 

Jika saat ini Anda belum memiliki keluhan penyakit, itu artinya Anda diberi kesempatan untuk segera menyadari kesalahan pola makan tersebut, sebab banyak orang yang sadar dengan kesalahannya setelah mereka menderita suatu penyakit. 

Berikut ini beberapa dampak buruk yang bisa terjadi pada mereka yang jarang atau tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur: 

1. Memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami penyakit kanker 

Di dalam sayur dan buah, terkandung antioksidan yang cukup banyak. Antioksidan ini berguna untuk mengikat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. 

Radikal bebas itu sendiri dapat merusak struktur sel yang pada akhirnya akan berubah menjadi sel kanker. Oleh karena itulah tubuh membutuhkan antioksidan dalam jumlah yang banyak. 

Buah dan sayur merupakan sumber antioksidan yang paling tinggi, sehingga jika Anda tidak mengkonsumsinya, bisa Anda bayangkan resiko penyakit yang terjadi. 

Ditambah lagi jika Anda mengkonsumsi makanan pemicu kanker yang lebih tinggi seperti makanan berlemak, makanan bakar, gorengan dan sebagainya. 

2. Bermasalah dalam hal pencernaan 

Sayur dan buah mengandung serat yang cukup tinggi. Kekurangan serat akan menyebabkan system pencernaan bermasalah, jarang BAB dan akhirnya racun akan berkumpul di dalam tubuh. 

Racun itulah yang menjadi sumber berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh. Jika ingin pencernaan lancar maka perbanyak lah mengkonsumsi sayur dan buah. Pencernaan yang lancar akan mengurangi resiko Anda terkena penyakit. 

3. Efek kecantikan yang berkurang 

Kondisi kulit, rambut dan sebagainya dari tubuh kita sangat tergantung dari jenis vitamin yang masuk ke dalam tubuh. Sayur dan buah merupakan sumber vitamin yang sangat kaya. 

Oleh karena itu, meninggalkan konsumsi sayur dan buah juga akan mengurangi kecantikan kulit, rambut dan sebagainya. Bagi wanita tentunya ini menjadi hal yang sangat penting. 

4. Mudah mengalami dehidrasi 

Mengkonsumsi buah dan sayur membantu meningkatkan cadangan air tubuh secara alami. Terutama di musim panas atau pada saat berpuasa. Mereka yang mengkonsumsi sayur dan buah dalam jumlah cukup akan terhindar dari resiko dehidrasi tubuh. 

5. Efek kesehatan secara umum 

Vitamin yang sangat banyak terkandung di dalam buah dan sayur tentunya akan sangat berguna pada system enzimatis dalam tubuh. Jika Anda ingin memiliki system imunitas tubuh yang lebih baik, maka perbanyak lah mengkonsumsi sayur dan buah. 

System imunitas yang lemah akan menyebabkan Anda rentan terkena penyakit. Kurangilah mengkonsumsi makanan tak sehat dan tingkatkan konsumsi sayur dan buah. 

Sayur dan buah merupakan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Betapa banyak orang yang mengeluh penyakit tertentu, hanya karena pada mulanya jarang mengkonsumsi buah dan sayur.