Sejarah Gerakan Pramuka Indonesia

Sejarah Gerakan Pramuka Indonesia

Sejarah Gerakan Pramuka


Scouting for Boy adalah buku karya Lord Baden Powell yang menjadi awal Sejarah Gerakan Pramuka yang kemudian berkembang terus ke berbagai negara termasuk menjadi bagian besar awal Sejarah Gerakan Pramuka Indonesia. Lord Baden Powell bernama asli dan lengkap dengan gelarnya adalah Robert Stephenson Smyth Baden-Powell, 1st Baron Baden-Powell, Bt, OM, GCMG, GCVO, KCB yang lahir tanggal 22 February 1857 dan meninggal pada tanggal 8 January 1941. Dia adalah anggota militer Tentara Inggris (British Army) dengan pangkat Letnan Jendral (lieutenant-general). Berkarir di tentara sejak tahun 1876-1910 di kawasan India, Africa dan Inggris sendiri sebagai negaranya.

Scouting for Boys karya Baden Powell dipublikasikan oleh Sir Arthur Pearson sebagai bahan bacaan kalangan remaja. Awalnya dari perkemahan di Brownsea Island Scout Camp di tahun 1907 yang kemudian dianggap menjadi kegiatan perkemahan pertama Pramuka. Kegiatan ini dia lakukan setelah pulang dari tugas perang di Afrika tahun 1903 dan banyak menulis buku manual (buku petunjuk) untuk tentara agar dapat bertahan hidup, salah satunya adalah "Aids to Scouting" yang kemudian ditulis ulang khusus untuk kalangan remaja menjadi "Scouting for Boys".

Keterlibatan Baden Powell dalam Boy's Brigade (kader tentara British Army) bersama William Alexander Smith diawali dengan membawa 20 remaja pada sebuah perkemahan yaitu Brownsea Island Scout Camp di tahun 1907 tersebut. Dalam hal ini, Baden Powell juga terinspirasi dari buku "The Birch Bark Roll of the Woodcraft Indians" yang dikarang oleh Ernest Thompson Seton tahun 1906.

Baden Powell diangkat sebagai Kepala Pramuka (Chief Scout) sedunia bertepatan dengan Jambore Pramuka Pertama Dunia (The 1st World Scout Jamboree) di Olympia, London.

Sejarah Gerakan Pramuka Indonesia


Pramuka adalah organisasi kepanduan. Kurun waktu 1950-1960 banyak tumbuh organisasi kepanduan yang tidak efektif dan sebagian besar malah berafiliasi dengan partai-partai saat itu.

Melalui Ketetapan MPRS No. II/MPRS/1960, Presiden Soekarno selaku mandataris MPRS pada tanggal 9 maret 1961 memberikan amanat kepada pimpinan Pandu di Istana Merdeka. Soekarno memerintahkan membubarkan seluruh organisasi kepanduan di Indonesia dan meleburkannya menjadi satu organisasi kepanduan saja yaitu organisasi gerakan pendidikan kepanduan yang tunggal bernama GERAKAN PRAMUKA. Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di Indonesia bertugas melaksanakan pendidikan kepanduan kepada anak-anak dan pemuda Indonesia, dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961 dengan lambang Pramuka - Tunas Kelapa. Secara remmi Gerakan Pramuka diperkenalkan ke seluruh Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 sehingga tanggal tersebut dinyatakan sebagai Hari Lahirnya Pramuka Hari Ulang Tahun Pramuka).

Perkembangan Gerakan Pramuka mengalami pasang surut dan pada kurun waktu tertentu kurang dirasakan pentingnya oleh kaum muda, akibatnya pewarisan nilai-nilai yang terkandung dalam falsafah Pancasila dalam pembentukan kepribadian kaum muda yang merupakan inti dari pendidikan kepramukaan tidak optimal. Menyadari hal tersebut maka pada peringatan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka ke-45 Tahun 2006, Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan Revitalisasi Gerakan Pramuka. Pelaksanaan Revitalisasi Gerakan Pramuka yang antara lain dalam upaya pemantapan organisasi Gerakan Pramuka telah menghasilkan terbitnya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang GERAKAN PRAMUKA.

Sejarah Gerakan Pramuka Indonesia lengkapnya dapat disimak pada video di bawah ini :



"Pramuka" adalah sebutan untuk anggota Gerakan Pramuka, yang terdiri dari kelompok :
Pramuka Siaga (7-10 tahun),
Pramuka Penggalang (11-15 tahun),
Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan
Pramuka Pandega (21-25 tahun).

Kelompok anggota Gerakan Pramuka yang lain yaitu :
Pembina Pramuka,
Andalan Pramuka,
Korps Pelatih Pramuka,
Pamong Saka Pramuka,
Staf Kwartir dan
Majelis Pembimbing Pramuka.

Sumber tulisan Sejarah Gerakan Pramuka Indonesia :
Sejarah Berdirinya Gerakan Pramuka
Seri 50 Tahun Gerakan Pramuka
Produksi Humas Kwarnas

Pramuka pun mempunyai lagu-lagu penyemangat pramuka yang dapat dibaca di :
Lagu Anak Pramuka - Jangan Takut Jadi Indonesia

Sejarah Gerakan Pramuka Indonesia tidak akan terlupakan!!!