Cara Membuat Kue Putu Satu Untuk Lebaran

Cara Membuat Kue Putu Satu Untuk Lebaran

Cara Membuat Kue Putu Satu - Kue Putu Satu mungkin berasal dari kata Kue Putu Satru atau Kue Satru atau Kue Putu Kacang yang umum di daerah lain. Keluarga kami menyebutnya kue putu satu karena mencetaknya satu per satu pada cetakan kayu yang bisa berisi 4 model cetakan berbagai bentuk, ada bulat, elips, petak atau bunga. Bentuk bentuk cetakan ini dibuat oleh adik bapak yang pandai mengukir kayu. Cetakannya diusahakan tidak memiliki bentuk terlalu runcing dan tipis karena kue putu satu mudah berderai jika adonan dan pengeringan tidak tepat.

Bahan Membuat Kue Putu Satu atau Satru

Kue ini merupakan kue bergizi tinggi karena terbuat dari kacang hijau. Resep untuk membuat kue putu satu sangatlah sederhana hanya terdiri dari 2 bahan utama yaitu kacang hijau dan gula. Sedangkan Cara membuat kue putu satu pun sangatlah mudah.

Bahan membuat kue putu satu
  1. 1. Kacang Hijau 1 kg< Pertama kacang hijau digongseng (goreng tanpa minyak atau sangray) sebentar untuk mengeringkan kulit agar mudah dilepas. Kacang hijau yang sudah terlepas dari kulitnya akan membuat tampilan kue yang manis ini menjadi lebih cantik berwarna putih bersih. Jika kulit tidak dilepas maka kue ini akan berwarna coklat khaki. Setelah digongseng, biasanya kacang hijau itu akan kami tumbuk atau giling kasar sehingga kulitnya terlepas. Untuk memisahkan isi dengan kulitnya, dapat ditampi seperti kita menampi beras. Setelah terpisah, kacang hijau yang sudah bersih dari kulitnya lalu ditumbuk atau digiling halus. Kemudian diayak sehingga halusnya merata.
  2. 2. Gula 300 gram
    Gula ditumbuk halus sehingga mudah dicampur dengan kacang hijau yang telah dihaluskan. Jumlah gula halus yang digunakan sangat relatif. Biasanya 1 bagian gula akan dicampur dengan 3 bagian kacang hijau.

Cara membuat kue putu satu

Pemasakan kue ini sebenarnya terjadi ketika di awal tadi yaitu ketika kacang hijau digongseng.

Cara Membuat Kue Putu Satu Untuk Lebaran
Kacang hijau yang telah dihaluskan ditempatkan dalam sebuah wadah lalu dicampur dengan gula halus. Usahakan adonan agak basah. Jika tidak basah, adonan dapat diperciki air hingga lembab. Gunanya adonan dilembabkan adalah lebih mudah memadatkan ke dalam cetakan sehingga kue tidak berderai sebelum dilakukan pengeringan.

Adonan dapat dimasukkan ke dalam cetakan lalu padatkan dengan menggunakan jari. Setelah padat, diratakan sisa adonan di luar cetakan lalu cetakan dibalik dan diketuk perlahan sehingga adonan tercetak dengan baik.

Susun dalam tampan lalu jemur di terik matahari. Jika tidak dapat dioven dengan api kecil. Kue putu satu yang dijemur terasa lebih enak dibandingkan dengan kue putu satu yang dioven.

Cara membuat kue putu satu ini dulu sering kami praktekkan karena kami selalu membuat setiap lebaran.