Agar Bayi Tidur Nyenyak

Agar Bayi Tidur Nyenyak

Menidurkan atau meninabobokkan bayi merupakan suatu pekerjaan yang tidak gampang karena bayi membutuhkan kondisi dan situasi yang baik agar bayi dapat tidur nyenyak tanpa gangguan.

Tidurnya seorang bayi sangat mempengaruhi perkembangannya sendiri, karena proses perkembangan bayi itu terjadi pada saat bayi sedang tidur. Jadi bukan berarti bayi yang tidur terus adalah bayi yang malas beraktifitas, karena memang bayi itu hanya bisa menangis, buang air kecil dan besar, makan, dan tidur itu saja. Menyenangkan ya jadi seorang bayi.

Nah, yang jadi masalah adalah kalau sibayi itu rewel dan susah tidur, bahkan tidurnya tidak cukup. Ini sangat diperhatikan dan di waspadai seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa perkembangan bayi terjadi pada saat bayi tertidur. Jika kurang tidurnya maka pertumbuhannya bisa terganggu. Berikut beberap faktor yang harus dilakukan agar bayi tidur nyenyak.

Agar Bayi Tidur Nyenyak

  • Bantu bayi imut anda untuk paham bahwa siang adalah waktu untuk makan, dan malam waktunya untuk tidur. Kalau bisa berikan makan dengan porsi pas setiap 3 – 4 jam perhari.
  • Usahakan menggendongnya di siang hari, Karena hal itu akan membuat sibayi merasa lebih dekat dengan ibunya dan merasakan kenyamanannya. Jika ia nyaman disiang hari, maka biasanya akan nyaman pula pada malam harinya.
  • Sebelum tidur pastikan si bayi kenyang dulu, jangankan bayi. Orang dewasa saja kalau tidur dalam keadaan lapar pasti gak nyaman.
  • Gunakan pakaian yang bersih, lembut dan tidak terlalu panas untuk dikenakan bayi pada saat tidur, agar bayi tidur nyenyak.
  • Usahakan kalau bisa si bayi buang air besar atau buang air kecil dulu sebelum tidur. Kan kasian kalau si bayi baru saja tidur eh sudah ngompol, pasti akan sangat mengganggu tidurnya lagi pulas-pulasnya. Begitu sudah ngompol agar langsung diganti popoknya dengan yang bersih (gak pake lama, keburu si bayi bangun)
  • Jaga lingkungan agar bebas dari berisik dan gangguan-gangguan suara yang dapat membuatnya terkejut dan terbangun tiba-tiba.
  • Jika terbangun, jangan sampai menangis terlalu lama karena ibunya sedang sibuk di dapur atau sedang bermain di rumah tetangga. Usahakan segera lari dan diamkan tangis anak dengan member asi atau mengayun kembali ayunannya.
  • Agar bayi tidur nyenyak buat suasana kamar bayi menjadi nyaman baginya. Jangan hanya nyaman bagi kita. Kadang orang dewasa menyukai warna yang aneh dan mencolok. Hal itu tentu saja akan mengalihkan konsentrasi dan pandangan si bayi.
  • Untuk yang muslim, lebih baik temani dia saat tidur dengan membacakan ayat-ayat pendek Al Quran agar menanamkan rasa keimanan yang kuat baginya sedari dini. Dari pada anda harus membiasakan menyanyi dan mendongeng

Banyak cara yang dapat kita lakukan agar bayi tidur nyenyak. Cobalah untuk memahami dan memposisikan diri anda sebagai seorang bayi, rasakan apa yang bayi anda rasakan. Jika anda merasakan gerah dan panas di tempat anda, maka pasti bayi anda juga merasakan hal yang sama. Lakukan yang terbaik buat bayi yang sangat anda sayangi. Ingat..bayi itu titipan tuhan yang harus di jaga dan di rawat dengan baik.