6 Khasiat Buah Rambutan Yang Jarang Diketahui Orang

Musim rambutan tiba, buah rambutan ada dimana-mana. Seperti buah-buahan pada umumnya, rambutan memiliki khasiat kesehatan yang cukup penting. 

Konsumsilah rambutan dalam jumlah yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Jika berlebihan biasanya juga akan menimbulkan efek samping seperti batuk dan sebagainya. 

Buah rambutan rasanya sangat manis dan banyak mengandung air, sangat cocok dinikmati di suasana tengah hari yang cukup panas. 

Di kebun-kebun rambutan bahkan kita bisa memilih jenis rambutan dengan daging kulit yang tebal, air yang banyak dan rasanya yang sangat-sangat manis. 

Nah, buat pecinta buah rambutan, berikut ini ada 6 manfaat mengkonsumsi buah rambutan yang penting untuk Anda ketahui: 

1. Mengurangi lemak tubuh 

Seperti buah pada umumnya, rambutan juga kaya akan serat sehingga mampu menjadi pembasmi lemak dalam tubuh. 

Selain itu kandungan air yang cukup tinggi dari buah rambutan juga cukup baik untuk membantu daya tahan tubuh. 

Rambutan rendah kalori sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang takut lemak menumpuk pada tubuhnya. 

2. Sumber zat besi yang cukup tinggi 

Buah ini kaya zat besi --nutrisi yang digunakan untuk mengalirkan oksigen dari paru-paru ke jaringan-jaringan tubuh. Kekurangan zat besi menyebabkan anemia. Konsumsi buah rambutan dalam jumlah yang cukup akan membantu Anda terhindar dari resiko anemia. 

3. Mempercantik kulit dan rambut 

Rambutan termasuk salah satu buah yang sangat banyak mengandung air. Kandungan air ini akan sangat bermanfaat untuk membantu mencegah dehidrasi pada tubuh. 

Kulit dan rambut akan bisa terjaga kelembabannya dengan rajin mengkonsumsi buah rambutan. 

4. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi 

Rambutan mengandung vitamin C tingkat tinggi. Konsumsi 10-12 buah ini membantu tubuh menyediakan 75-90 mg asam askorbat--salah satu senyawa kimia yang kerap disebut vitamin C. 

Vitamin C membantu peningkatan daya tahan tubuh seseorang. Pada saat Anda merasa meriang dan badan terasa akan demam, perbanyak lah mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang tinggi. 

Hal itu dapat membantu pemulihan kondisi tubuh Anda. Rambutan menjadi salah satu alternatif buah-buahan yang bisa Anda coba. 

5. Meningkatkan kualitas sperma pada pria 

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, rambutan juga mengandung senyawa yang penting untuk memicu peningkatan kualitas sperma pada pria. 

Sehingga rambutan ternyata juga bisa digunakan sebagai makanan penambah keperkasaan pada kaum pria. Kualitas sperma yang buruk tentu saja akan berdampak pada reproduksi kaum pria yang tidak normal. 

6. Mengurangi kolesterol tubuh 

Peneliti dari Univeristas Chiang Mai di Thailand menemukan rambutan mengandung antioksidan yang dinamakan flavonoid--efektif mengurangi kadar kolesterol. 

Senyawa flavonoid ini sangat banyak digunakan sebagai senyawa dalam ramuan obat-obatan berbagai macam penyakit. Mengkonsumsi buah rambutan ternyata mampu mengurangi resiko kolesterol dari dalam tubuh. 

Konsumsi buah rambutan dengan jumlah yang sesuai dengan kondisi tubuh, pastikan juga Anda mengkonsumsi makanan yang lainnya supaya nutrisi tubuh Anda seimbang dan Anda pun mendapatkan kebaikan dari konsumsi buah rambutan tersebut.