Bahaya Memanaskan Nasi di Rice Cooker Lebih dari 12 Jam

Apa yang kita makan seringkali menjadi sumber penyakit yang muncul di tubuh kita. Artinya, setiap makanan yang masuk ke dalam mulut harus kita ketahui dengan baik apakah memenuhi syarat kesehatan atau tidak. 

Terkadang karena faktor ketidaktahuan, kita sering melakukan kebiasaan salah yang akhirnya baru kita sadari dampak buruknya setelah kita lakukan berulang-ulang. Berikut ini adalah kebiasaan buruk dalam makan yang harus kita hindari: 

1. Memakan makanan yang tidak segar 

Lauk yang berlebih usai dimakan seringkali kita hangatkan lagi agar bisa dimakan untuk esok hari. Bahkan bukan hanya sekali, berkali-kali kadang kita hangatkan karena makanan tak kunjung habis. 

Berhati-hatilah dengan kebiasaan buruk ini, pertama resiko tumbuhnya bakteri pada makanan yang akan membahayakan kesehatan hati, kedua resiko terkontaminasi dengan zat-zat toksid lainnya yang membahayakn kesehatan. 

2. Memanaskan nasi di rice cooker lebih dari 12 jam 

Tahukah Anda, jika ingin sehat, masak lah nasi di alat pemasak lalu angkat dan segera dihabiskan. Jangan memanaskan nasi di dalam rice cooker lebih dari 12 jam. 

Bukan hanya struktur kimia nasi yang berubah, kontak antara zat pelapis Teflon dengan nasi yang dibarengi dengan suhu yang tinggi juga akan menjadi masalah bagi kesehatan jangka panjang Anda. 

3. Memakan buah setelah makan 

Buah sering dijadikan sebagai alat cuci mulut setelah makan. Padahal itu hal yang salah. Mengkonsumsi buah yang benar adalah sebelum makan, sehingga lapisan serat ada di bagian bawah usus. 

Barulah diisi dengan makanan, dengan demikian makanan akan mudah dikeluarkan oleh serat yang ada di dalam usus. 

Jika memakan buah setelah makan nasi, yang terjadi justru sebaliknya. Lapisan makanan akan tersimpan di bagian bawah dan akan terkumpul menjadi racun. 

4. Tidak suka sayur dan buah 

Jika saat ini Anda termasuk yang sedikit sekali mengkonsumsi sayur dan buah, maka mulai lah untuk menambah jumlahnya. Kebanyakan mereka yang menderita penyakit kanker, tumor dan sejenisnya adalah mereka yang tidak suka sayur dan buah. 

Kenapa demikian? Di dalam sayur dan buah terdapat anti oksidan yang sangat baik untuk mengikat radikal bebas penyebab penyakit kanker. Oleh karena itulah sebaiknya Anda mengkonsumsi buah dan sayur dalam jumlah banyak setiap harinya. 

5. Jarang minum air putih 

Jarang mengkonsumsi air putih juga menimbulkan masalah penyakit yang beragam. Mulai dari penyakit ginjal, diabetes, masalah pencernaan dan sebagainya. Minumlah setidaknya 2 liter air putih dalam sehari. Air putih akan membersihkan organ-organ tubuh bagian dalam dan memperbaiki kinerjanya.