Daftar Wisata Halal di Indonesia Versi Kementrian Pariwisata

Wisata halal saat ini menjadi salah satu wisata yang dibanggakan di Indonesia dan terus dikembangkan untuk menarik kalangan wisatawan lokal dan asing. 

Apa itu wisata halal? Wisata halal merupakan wisata yang memberikan kenyamanan berupa jaminan kehalalan bagi para wisatawan. Meliputi kehalalan makanan, pertunjukan, tempat beribadah yang nyaman dan sebagainya. 

Hal ini disebabkan karena Indonesia merupakan negara dengan jumlah muslim terbesar di Indonesia, maka potensi Indonesia untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata halal sangat prospek. 

Beberapa waktu lalu, kementrian Pariwisata memberikan penghargaan kepada beberapa daerah berikut ini yang sukses mengembangkan wisata halal di Indonesia, berikut ini diantaranya: 

1. Kategori Destinasi Budaya Ramah Wisata Muslim Terbaik Pemenang : Provinsi Aceh Darussalam/Aceh 

2. Kategori Destinasi Wisata Halal Terbaik Pemenang : Provinsi Sumatera Barat 

3. Kategori Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik Pemenang : The Radhana Kuta Bali 

4. Resort Pantai Ramah Wisatawan Muslim Terbaik Pemenang : Novotel Lombok Resort and Villas, Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB) 

5. Operator Haji dan Umroh Terbaik Pemenang : ESQ Tours Travel Jakarta 

Penghargaan wisata halal memang tidak sengaja dilakukan. Tujuannya, agar penduduk Indonesia khususnya masyarakat muslim bisa berwisata dengan tenang dan nyaman tanpa rasa takut akan kondisi halal di suatu tempat. 

"Indonesia negara paling potensial untuk memberikan destinasi halal di dunia," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara Malam Anugerag Pariwisata Halal Terbaik 2016 di Kemenpar, beberapa hari lalu. 

Indonesia negara dengan mayoritas muslim. Bahkan penduduknya dikenal sangat ramah dan sopan oleh negara luar. 

Wisata halal Indonesia sangat potensial unggul dibandingkan negara lain. Arief mengatakan, destinasi halal tersebut juga akan diusulkan untuk mengikuti ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), pada Desember mendatang. 

Kementrian Pariwisata menargetkan setidaknya Indonesia bisa memboyong tiga penghargaan dalam ajang tersebut. 

Tahun lalu, Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil membawa dua penghargaan untuk kategori Best Halal Tourism Destination dan World's Best Halal Honeymoon Destination dalam ajang WHTA 2015.