Bahaya Bahan Pestisida Pada Makanan


Bahan pestisida pada makanan sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga anda. Pestisida yang merupakan bahan berbahaya ini sebenarnya banyak dimanfaatkan para petani untuk menjaga kualitas buah dan sayurannya dari serangan hama dan penyakit tanaman, dengan begitu para petani akan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Bahaya pestisida pada makanan


Bahan makanan yang kita makanan, terutama buah dan sayuran segar, mengandung residu pestisida. Walau tidak secara langsung, bahaya yang ditimbulkannya berdampak jangka panjang, seperti kanker, tumor dan penyakit kronis lainnya. Dampak penggunaan bahan pestisida pada makanan bukan saja pada manusia, namun berperan aktif dalam merusak ekologi lingkungan. Seperti tanah dan air yang ikut tercemar racun pestisida.

Pembasmi hama atau pestisida adalah bahan yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, atau membasmi organisme pengganggu.

Penggunaan pestisida bagi petani memang menjadi dilema sebagian orang, seperti makan buah simalakama, dipakai bahaya bagi kesehatan, gak dipakai hama penyakitlah jadi penguasa tanaman. Jenis-jenis pestisida pun beragam jenisnya, sesuai dengan kebutuhan petani itu sendiri. Berdasarkan jenis kegunaannya pestisida yang kita kenal itu terdiri dari beberapa jenis yaitu :

  • Insektisida : Pestisida yang digunakan untuk membasmi serangga
  • Fungisida : Pestisida yang digunakan untuk membasmi jamur, dan parasit.
  • Herbisida : pestisida yang digunakan untuk membasmi tanaman liar yang menggangu tanaman utama.
  • Bakterisida : pestisida yang digunakan untuk membasmi bakteri merugikan bagi tanaman.

Dan berikut zat-zat berbahaya yang biasa terkandung dalam berbagai jenis pestisida: Chlordecone, vinclozalin, lindane, DDT, Organofosfat, dan lain-lain yang kesemuanya dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan manusia. Memang banyak yang mengatakan efeknya, khususnya bahaya pestisida pada makanan, sangat kecil bagi manusia. Namun yang membuatnya berbahaya, yang sedikit itu lama-lama bisa menumpuk dan menyebabkan berbagai penyakit kronis yang berbahaya dan mematikan.

Agar Makanan Bebas Pestisida


Jangan khawatir, banyak cara yang bisa kita lakukan agar makanan yang kita konsumsi benar-benar terjaga dan bebas dari bahan pestida.

  • Beli dan konsumsilah makanan atau sayuran yang berlabel organik.
  • Perbanyak pengetahuan anda mengenai jenis pestisida dan bahayanya bagi kesehatan manusia
  • Cuci buah dan sayuran yang anda beli dengan air yang mengalir.
  • Cuci buah dan sayuran dengan menggunakan larutan cuka.
  • Hindari terlalu sering membeli buah import, karena biasanya banyak buah import terutama buah yang memiliki kulit sangat mengkilap dan kelihatan segar, karena banyak ditemukan kulit dari buah tersebut mengandung paraffin, zat kimia sejenis lilin yang dapat mempertahankan kesegaran buah dan membuatnya tatap bersih dan mengkilap.
  • Simpan sayuran dan buah-buahan di suhu yang rendah agar tetap awet dan tahan lama.

Mulai sekarang, mulai dari diri kita, terutama untuk ibu rumah tangga, agar selalu memperhatikan semua jenis masakan untuk keluarganya. Berikan yang terbaik, higienis, bebas pestisida, sehat dan bergizi.