Makanan yang Merusak Kesehatan Kulit

Setiap detail tubuh kita sangat berharga. Demikian halnya dengan kulit kita, tentu saja kulit yang terawat menjadi impian semua orang. Merawat kesehatan kulit ternyata bisa dimulai dengan cara menjaga menu makanan. Berikut ini jenis makanan yang dilarang dikonsumsi secara berlebihan karena dapat merusak kesehatan kulit.

Garam
Konsumsi garam yang berlebihan ternyata dapat merusak kulit. Coba perhatikan kantung mata anda yang terihat lebih banyak mengandung air. Ingat-ingat lagi apakah ini disebabkan karena sering bergadang atau kebanyakan memakan makanan yang asin. Konsumsi garam yang berlebihan juga menyebabkan berbagai penyakit lain seperti hipertensi dan sakit jantung.

Makanan Laut
Ternyata terlalu banyak mengonsumsi makanan laut dapat menyebabkan jerawat. Pasalnya makanan laut seperti Udang, kepiting, kerang-kerangan dan lobster memang mengandung banyak yodium. Namun akumulasi yodium tersebut mengganggu kondisi kulit. Jadi bagi anda yang rentan terhadap jerawat sebaiknya membatasi konsumsi makanan laut.

Susu
Ternyata susu juga berpotensi menyebabkan kerusakan kulit. Penelitian pada tahun 2005 lalu membuktikan bahwa konsumsi susu yang berlebihan dapat menyebabkan jerwat. Penelitian ini semakin diperkuat dengan hasil penelitian tahun 2012 yang  mengaitkan konsumsi susu skim dan risiko jerawat. Keduanya memang terkait. Karena hormon tertentu dari susu skim tidak dapat diserap baik oleh tubuh. Nah, keberadaannya mengganggu kelenjar sekresi minyak di kulit dan menyebabkan jerawat.

Tinggi glikemik
Makanan dengan kadar glikemik yang tinggi misalnya roti putih, pasta, kue, dan sirup. Makanan seperti itu dapat menyebabkan jerawat. Selain menyebabkan jerawat, makanan dengan kadar glikemik tinggi juga meningkatkan kadar gula darah sehingga Anda berisiko terkena diabetes.

Gula
Selain garam, gula juga dimasukkan sebagai makanan yang buruk untuk kulit. Karena makan gula berlebihan bukan hanya menyebabkan diabetes, tetapi melemahkan jaringan seperti kolagen. Jika kolagen kulit berkurang, kulit akan kehilangan elastisitasnya. Bukan hanya itu, kulit juga berisiko keriput. Oleh karena batasi konsumsi gula untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan dari dalam.

Alkohol
Alkohol merupakan jenis minuman yang bersifat diuretik alami. Ini artinya semakin banyak alkohol yang diminum, maka akan semakin membuat dehidrasi. Jika sudah dehidrasi maka akan berakibat pada keriputnya kulit dan atnya muncul cegaris-garis penuaan.

Nah sudah tahu kan makanan yang mulai hari ini harus dihindari agar kulit tetap sehat terawat. Terimakasih sudah membaca artikel tentang Makanan yang Merusak Kesehatan Kulit. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk kesehatan kulit anda