Awas, 8 Bahaya Asap Mengepung Anda

Kebakaran hutan di wilayah Provinsi Riau membuat Bumi Lancang Kuning ini di kepung oleh asap. Kebakaran yang terjadi sejak awal februari ini membuat asap bertahan hingga berminggu-minggu. Tentu saja kondisi ini mempengaruhi kondisi udara di Provinsi Riau. Jika sudah begini, masyarakatlah yang akan terkena imbas dari tebalnya kabut asap. Berbagai penyakit bisa menyerang warga karena asap yang menyelimuti udara.

Berikut ini bahaya asap bagi kesehatan:
  1. Jika terjadi kabut asap seperti saat ini, anda dihimbau agar tidak sering keluar rumah, pasalnya kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan, serta menyebabkan reaksi alergi, peradangan dan mungki juga infeksi.
  2. Jika anda memiliki penyakit yang berhubungan dengan pernafasan, maka Kabut asap dapat memperburuk asma dan penyakit paru kronis lain, seperti bronkitis kronik, PPOK dll.
  3. Jika anda sering menghirup kabut asap, maka kemampuan kerja paru-paru anda menjadi berkurang dan menyebabkan mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas.
  4. Kabut asap juga sangat rentan membuat penyakit bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah, seperti mereka yang berusia lanjut dan anak-anak, khususnya mereka yang punya penyakit kronik.
  5. Kabut asap juga mampu menurunkan kemampuan paru dan saluran pernapasan dalam  mengatasi infeksi berkurang , sehingga menyebabkan lebih mudah terjadi infeksi.
  6. Secara umum semua jenis penyakit dapat semakin memburuk jika sering menghirup kabut asap.
  7. Bahan polutan di asap kebakaran hutan yang jatuh ke permukaan bumi juga mungkin dapat menjadi sumber polutan di sarana air bersih dan makanan yang tidak terlindungi.
  8. Penyakit Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akan semakin mudah menjangkit jika anda sering mnghirup asap kebakaran.
Nah mulai hari ini, lengkapi diri anda dengan masker jika ingin bepergian keluar rumah.