4 Cara Agar Terbebas dari Hutang

Setiap manusia hidup umumnya memang mempunyai hutang, namun jika hutang tersebut sudah menumpuk dan tak kunjung dibayar, pastinya akan menimbulkan banyak masalah. Ketenangan kita akan tercabut, dan setiap waktu pikiran kita akan terasa resah karena hutang yang menumpuk. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa terbebas dari hutang? Berikut beberapa tips penting, 4 cara agar terbebas dari hutang yang bisa Anda lakukan: 

1. Meminta kepada yang Maha Kaya 
Jika punya hutang dan kita merasa tak mampu membayarnya, maka mintalah tolong kepada Zat yang menciptakan kita. Karena Dia Yang Maha Kaya. Berdoalah agar hutang-hutang kita dilunasi. Tak cukup dengan hanya berdoa, ada beberapa ibadah penting yang bisa membantu kita terbebas dari hutang, diantaranya adalah shalat malam, shalat dhuha dan tilawah Al Quran. Lakukan ini secara rutin dan terus lah berdoa agar hutang-hutang kita dibebaskan. 

2. Sedekah 
Sedekah itu bentuk dari investasi dari kekayaan. Jika zakat bisa memproteksi harta, maka sedekah adalah investasi rezeki. Jadi jika ingin kita dibebaskan dari hutang yang banyak, maka bersedekah lah apa saja yang Anda miliki. Sedekah yang paling utama adalah sedekah pada waktu kita sendiri sedang tidak memiliki atau membutuhkannya. 

3. Silaturahim 
Carilah banyak relasi untuk menggali rezeki sebanyak-banyaknya, karena dari sinilah rezeki itu akan muncul. Cari lah kawan-kawan baru yang memang prospek untuk diajak bermitra dan bekerjasama dengan baik. 

4. Membuka taman rezeki 
Artinya membuka peluang-peluang usaha baru yang bisa memberikan peluang rezeki yang datang lebih besar lagi. Berdoalah selalu agar hutang-hutang kita dilunasi oleh yang Maha Kaya, dan jangan lupa berusaha dengan maksimal untuk memperluas rezeki.