Obat Diabetes, Penyebab, Gejala serta Pantangannya

Anda takut terkena penyakit diabetes? Ketahuilah penyebab, gejala, pantangan serta obat dari penyakit mematikan tersebut. Benarkah penyakit diabetes tidak bisa sembuh? Penyakit diabetes secara medis membutuhkan kontrol kedisiplinan pola makan yang tinggi serta kemauan yang keras untuk dapat normal. Normal bukan berarti sembuh, perlu adanya menjaga diri setiap saat agar tidak terjadi lonjakan yang tinggi pada kadar gula di dalam darah. Penderita diabetes mellitus atau diabetes melitus di seluruh dunia dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan yang cukup drastis. Diperkirakan 350 juta orang di seluruh dunia mengidap penyakit diabetes. Bahkan yang lebih memprihatinkan, diperkirakan lebih dari 80% kematian akibat penyakit ini terjadi di negara-negara miskin dan berkembang. Badan Kesehatan Dunia atau WHO juga memperkirakan bahwa jumlah kematian akibat diabetes mellitus atau kencing manis ini akan meningkat dua kali lipat atau lebih selama periode 2005 - 2030.

Mungkin sebagai rujukan dapat membaca artikel yang berhubungan sebagai berikut :
Diabetes dan Telinga Berdenging
Menu Diet untuk Penderita Diabetes
Air Putih dan Penyakit Diabetes
Pantangan dan Anjuran Bagi Penderita Diabetes
Makanan yang Dilarang untuk Penderita Diabetes
Tips Menguruskan Badan dalam 1 Minggu

a. Penyebab diabetes
Apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari penyakit diabetes? Berikut ini beberapa hal yang dapat memicu terjadinya penyakit diabetes:
1. Kesalahan pola makan
Pola makan yang salah menjadi penyebab tertinggi dari penyakit diabetes. Banyak orang yang bila sudah menyukai sesuatu makanan maka ia akan mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan, terus menerus dan dalam jumlah ukuran yang banyak. Makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi, kalori yang tinggi kemudian dimakan dalam jumlah yang berlebihan, sementara orang bersangkutan tidak melakukan banyak aktivitas maka yang terjadi adalah timbunan glukosa dalam darah akan berlebihan dan tidak mampu dicerna oleh hormon insulin dalam darah. Lama kelamaan bahkan hormon akan sulit diproduksi dan rusak. Pada kondisi inilah kadar gula dalam darah meningkat dan bisa berubah menjadi bentuk kristal. Bila Anda ingin mengkonsumsi makanan dengan tingkat energi yang tinggi, maka sebaiknya juga diiringi dengan aktivitas yang tinggi seperti bekerja, olahraga dan sebagainya.
2. Kurang olahraga
Olahraga menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyakit. Penderita diabetes juga termasuk orang yang sebelumnya jarang melakukan olahraga. Energi yang masuk ke dalam tubuh berlebihan, sementara pembakaran tidak dilakukan melalui aktivitas olahraga maupun bekerja, sehingga akhirnya terjadilah penumpukan glukosa dalam darah yang akan merusak kemampuan hormon insulin dalam mencernanya.
3. Faktor keturunan
Sebagian para penderita penyakit diabetes juga disebabkan oleh adanya faktor genetika atau keturunan. Orang yang memiliki riwayat keturunan menderita penyakit diabetes akan lebih mudah terserang penyakit tersebut.

b. Gejala dan Pantangan Penyakit Diabetes
Bagaimana gejala atau ciri-ciri dari penyakit diabetes tersebut? Beberapa diantara gejala awal yang bisa dirasakan oleh para penderita penyakit ini adalah sebagai berikut:
1. Sering buang air kecil
2. Berat badan menurun
3. Sebagian anggota tubuh seperti kaki dan tangan mengalami kebas-kebas.
4. Cepat haus dan lapar
5. Tubuh menjadi lemah
6. Bila mengalami luka maka akan lama sembuhnya.

Lantas apa saja yang menjadi pantangan bagi para penderita diabetes tersebut? Berikut ini beberapa diantaranya:
1. Makan terlalu malam, para penderita diabetes sebaiknya melakukan makan malam pada sekitar pukul 5 sore atau sebelum malam hari. Pada malam hari sebaiknya tidak makan malam.
2. Makan berlebihan, bila Anda sudah terjangkit penyakit diabetes maka artinya Anda harus menjaga segala bentuk pola makan yang salah seperti tidak makan dalam jumlah yang berlebihan, tidak makan sesuatu yang menyebabkan kadar gula meningkat serta mengatur waktu konsumsinya.
3. Jangan berjalan tanpa alas kaki atau menggunakan benda tajam. Sebaiknya para penderita diabetes selalu memakai alas kaki kemanapun berjalan. Karena khawatir akan tertusuk benda asing sehingga menimbulkan luka, demikian juga benda tajam.

c. Obat Diabetes
Bila Anda mengalami penyakit diabetes, maka Anda bisa memilih beberapa jenis pengobatan berikut ini:
1. Pengobatan medis dengan cara mengkonsumsi obat kimia dan rutin berkonsultasi dengan dokter.
2. Pengobatan herbal, yakni dengan mengkonsumsi aneka produk herbal yang saat ini sudah cukup banyak dipasaran.
3. Mengkonsumsi obat-obat alami seperti mengkudu, daun sirsak, sirih merah dan sebagainya.