BULUH PERINDU? APA ITU?

Buluh Perindu adalah Sarana pemikat. Mungkin itulah deskripsi singkat yang tepat jika kita membicarakan tentang buluh perindu. Di dunia metafisika, buluh perindu bukanlah sesuatu yang asing lagi. Salah satu hal yang populer yang diketahui banyak orang tentang buluh perindu ialah bisa digunakan sebagai media pengasihan. Buluh perindu ini memiliki panjang sekitar 7 cm dengan ketebalan kurang dari 1 milimeter. Bagi generasi muda saat ini, buluh perindu tampak cukup asing di telinga mereka. Memang buluh perindu ini dahulu lebih banyak digunakan oleh suku-suku pedalaman di Indonesia seperti Dayak dan Banten. Biasanya kita bisa menemukan buluh perindu yang berasal dari pohon bambu yang sering ditemukan di sarang burung elang. Namun, tak sembarang orang bisa menemukan buluh perindu ini bahkan butuh ritual khusus untuk bisa menemukannya. Ada beragam mitos yang berkaitan dengan buluh perindu. Apa sajakah mitos-mitos itu?


Gambar sekedar ilustrasi Buluh Perindu

Konon ada beberapa ritual khusus yang harus dilakukan untuk membuat buluh perindu memunculkan kekuatan gaibnya. Contohnya adalah harus terlebih dahulu memiki batu combong. Batu Combong adalah sejenis batu akik yang berlubang secara alami. Biasanya batu ini dipakai untuk mata cincon. Selain itu, ritual harus dengan menyediakan bunga tujuh rupa yang diambil dari tujuh sumber alami yang berbeda. Tirakat untuk ritual seharusnya dimulai pada malam Selasa Kliwon. Selama tirakat, seseorang yang melakukan tirakat hanya diperbolehkan makan sayur serta buah-buahan mentah atau belum dimasak. Ritual harus dilakukan minimal satu minggu dengah hari terakhir ditutup dengan pati geni. Selain itu, masih ada mantra-mantra khusus yang harus dilakukan. Namun, rangkaian ritual tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya, apalagi menggantungkan segala sesuatu pada yang gaib tak layak dilakukan.

BULUH PERINDU

Buluh perindu konon memiliki beberapa kekuatan magis. Pertama, buluh perindu bisa membuat suara seseorang lebih merdu. Mitosnya adalah dengan mematahkan buluh perindu menjadi bagian-bagian lebih kecil lalu memasukkannya ke celah gigi seri atau graham, maka orang tersebut bisa memiliki suara yang merdu. Namun, ini hanyalah mitos, atau Anda ingin membuktikannya sendiri? Kedua, buluh perindu bisa mempercepat atau memperlancar usaha atau dagangan seseorang. Siapa yang tak ingin dagangannya laku keras? Ada sebagian orang yang percaya bahwa dengan meletakkan buluh perindu di dalam toko atau kedai, maka akan banyak konsumen yang hadir. Ketiga, buluh perindu bisa digunakan untuk menjauhkan diri dari binatang berbisa. Orang-orang yang percaya dengan mitos ini biasa menyelipkan buluh perindu di dalam dompetnya. Atau, jika di dalam rumah, mereka meletakkan buluh perindu di dalam lemari untuk melindungi rumah mereka dari binatang berbahaya dan berbisa. Keempat, buluh perindu digunakan untuk menarik lawan jenis. Orang yang percaya mitos ini biasanya mengikatkan buluh perindu ke dalam ikat pinggangnya untuk membuat lawan jenis tertarik padanya.

Buluh perindu sering disebut-sebut sebagai barang gaib? Apa alasannya? Pada dasarnya Buluh Perindu adalah sejenis tumbuhan bambu yang sangat langka. Sehingga, orang-orang tidak bisa menemukannya dengan mudah. Karena kelangkaan tumbuhan inilah, banyak orang yang mengambil kesimpulan bahwa barang ini ada di alam gaib dan tidak sembarang orang bisa mendapatkannya. Buluh Perindu memiliki beberapa nama lain, diantaranya adalah Bambu Perindu, Bulu Perindu (tanpa menggunakan huruf "H"), dan Talang Perindu. Orang-orang dari daerah Sumatera, Kalimantan, Kep. Riau, Singapura, Malaysia, dan Brunei sering menggunakan istilah Buluh Perindu. Orang-orang dari daerah Sumatera Barat menggunakan nama Talang Perindu. Sedangkan Bambu Perindu sering digunakan oleh orang-orang dari Suku Jawa.

Saat ini banyak sekali orang yang menjual buluh perindu dengan segala iming-iming kekuatan gaib atau kesaktian dari buluh perindu. Anda harus lebih berhati-hati jika mendapatkan iming-iming seperti ini. Memang konon buluh perindu sering digunakan dalam ritual-ritual adat untuk mendapatkan hajat. Namun, akan sangat berisiko jika berhubungan dengan hal-hal gaib apalagi yang negatif. Selain itu banyak sekali buluh perindu palsu yang beredar di pasaran. Jadi, anda harus benar-benar lebih berhati-hati lagi jika mendapatkan penawaran untuk mendapatkan kekuatan sakti setelah melakukan pembelian buluh rindu.

Berbagai penyebutan yang kadang disamakan dengan buluh perindu :
Rumput Bujang dari Kalimantan
Bulu halus Burung Cintamani (kintamani)
Bubung Buluh Perindu dengan ciri bambu/buluh memiliki ruas yang mana didalam ruang kosong ruasnya itu terdapat serat-serat panjang seperti akar yang lurus atau berlekuk.
Bulu Perindu Sarang Burung Elang, yang memiliki ciri yang unik yaitu dapat bergerak melawan arah arus sungai atau air mengalir.