BBM Naik, Jokowi: Tanya Menteri ESDM

Terhitung mulai Sabtu, 28 Maret 2015, pukul 00.00 WIB, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar mengalami kenaikan Rp 500/liter. Menanggapi kenaikan ini, Joko Widodo yang tengah melawat ke luar negeri hanya berkomentar sederhana, "Ditanyakan ke Menteri ESDM," kata Jokowi di Hotel MGM Grand Sanya, Hainan, Tiongkok, Jumat (27/3/2015). 

Jokowi sudah dua hari ini berada di Tiongkok. Pertama dia di Beijing dan malam tadi baru saja mendarat di Hainan untuk mengikuti acara BAOA Forum for Asia. Di awal-awal pemerintahannya, Jokowi memang sempat juga menaikan harga BBM. Bahkan Jokowi sendiri yang berbicara langsung kepada publik. Namun kali ini pengumuman kenaikan BBM diberitahu melalui website Kementerian ESDM.

 "Yah nanti ditanyakan ke Menteri ESDM," jawab Jokowi mengenai pertanyaan tersebut. 

Secara resmi pemerintah menetapkan tarif kenaikan harga BBM yang baru yakni, Harga minyak Solar naik dari Rp 6.400/liter jadi Rp 6.900/liter. Harga Bensin Premium RON 88 naik dari Rp 6.800/liter jadi Rp 7.300/liter (harga di luar Jawa-Madura-Bali) dan Rp 7.400/liter (Harga di Jawa-Madura-Bali). Harga Minyak Tanah dinyatakan tetap, yaitu Rp. 2.500/liter (termasuk PPN)