Jenis-jenis diabetes


Penyakit diabetes terbagi atas tiga jenis, berikut ini beberapa penjelasan dari masing-masing jenis penyakit tersebut.

Jenis-jenis diabetes

1. Diabetes Tipe pertama
Tipe diabetes ini umumnya menyerang anak hingga remaja. Oleh karena itulah jenis atau tipe diabetes mellitus ini di namakan juga dengan sebutan juvenile diabetes.
Adapun penyebab dasar dari tipe diabetes 1 ini adalah karena adanya kerusakan atau kesalahan genetik pada sel pankreas sehingga sistem imun terganggu dan tidak bisa menghasilkan hormon insulin. adapun penyebab secara rinci yang melenkapi penyebab tipe 1 ini akan kita bahas pada bahasan penyebab diabetes melitus. Penderita diabetes tipe 1 ini sangat tergantung dengan insulin dari luar. Untuk kelangsungan hidupnya, penderita harus mendapatkan suntikan hormon insulin secara rutin dan terjadwal. Oleh karena itulah tipe 1 ini juga dinamakan dengan Insuline Dependent Diabetic Mellitus atau IDDM.

2. Diabetes Tipe kedua
Diabetes Melitus tipe 2 ini disebabkan oleh kurang mampunya tubuh didalam merespon hormon insulin sehingga tubuh tidak mampu memanfaatkan insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas. Boleh jadi jadi pankreas telah memproduksi insulin secara normal namun hormon yang dihasilkan tidak bisa dimanfaatkan oleh tubuh secara efektif. Tubuh bersifat resisten terhadap hormon insulin. Ketidakmampuan tubuh dalam memanfaatkan hormon insulin seringnya dikarenakan sel-sel tubuh bersaing berat dangan sel-sel lemak dalam tubuh. Hormon insulin banyak dihisap oleh sel-sel lemak yang menumpuk dalam tubuh. Oleh karena itulah, tipe 2 ini lebih banyak menimpa pada orang-orang yang memiliki pola hidup dan pola makan yang jelek sehingga terjadi penimbunan lemak atau kegemukan.

3. Diabetes Tipe ketiga
Tipe diabetes ini merupakan gabungan dari diabetes tipe 1 dan tipe 2. Hal ini terjadi ketika penderita diabetes melitus 1 secara terus menerus disuntik insulin, ada sebagian penderita menjadi resisten terhadap hormon dari luar tersebut sehingga dia menderita tipe 2 sekaligus. Diabetes melitus tipe 3 juga bisa terjadi karena penderita diabetes melitus tipe 2 mengkonsumsi obat-obatan yang merangsang produksi insuline lebih banyak sehingga pankreas menjadi lelah, lemas, dan akhirnya ambruk. Jangka panjangnya pankreas menjadi rusak sehingga produksi menjadi sangat sedikit atau terhenti sama sekali. Maka jadilah tipe diabetes gabungan yaitu tipe 2 dan 1 yang dinamakan diabetes melitus tipe 3.

Baca artikel lain tentang Penyakit Diabetes atau Penyakit Kencing Manis :

Makanan penyebab diabetesSerba-Serbi
Pantangan dan Anjuran Bagi Penderita DiabetesSerba-Serbi
Obat Diabetes, Penyebab, Gejala serta PantangannyaSerba-Serbi
Makanan yang Dilarang untuk Penderita DiabetesSerba-Serbi
Gejala Diabetes dan Penyebabnya
GLYCEMIC INDEX, Kandungan Ideal Makanan Sehat
Cara Diet Paling Murah - Rutin Minum Air Putih

Sebagai rujukan dapat membaca artikel yang berhubungan sebagai berikut :
Diabetes dan Telinga Berdenging
Menu Diet untuk Penderita Diabetes
Air Putih dan Penyakit Diabetes
Pantangan dan Anjuran Bagi Penderita Diabetes
Makanan yang Dilarang untuk Penderita Diabetes
Tips Menguruskan Badan dalam 1 Minggu