Cara Mengecek Biro Umroh Terpercaya

Panjangnya antrian jamaah haji Indonesia saat ini secara langsung telah meningkatkan minat orang untuk menunuaikan ibadah umroh. Terjadi lonjakan yang cukup siginifikan setiap harinya terhadap para jamaah umroh, termasuk di Pekanbaru. Lonjakan ini memberi peluang terhadap agen-agen umroh nakal yang akhirnya berujung pada kegagalan berangkat para jamaah. 

Oleh karena itu, sebelum mendaftar ke biro umroh, pastikan Anda memilih biro umroh terpercaya yang memang sudah terdaftar di Kementrian Agama. Bagi biro perjalanan yang menelantarkan jemaah, menipu jamaah, gagal berangkat maka ada sanksinya berupa teguran hingga pencabutan izin. Kalau masih memberangkatkan jemaah tanpa izin, upaya yang ditempuh kemenag meneruskan ke jalur hukum. 

“Kalau masih berangkatkan tanpa izin, itu masuk kriminal. Kanwil harus mengamati, mengawasinya. Di Riau, nanti kami minta klarifikasi. Kalau (travel) ada delik pelanggaran kami tindak. Kalau tidak berizin kami lapor ke Bareskrim. Saat ini sudah lebih 5 travel yang sudah dilaporkan ke Bareskrim," tegasnya. 

Mantan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam inipun memberikan kisi-kisi kepada masyarakat yang sedang memilih biro travel perjalanan haji/umrah. Untuk mengetahui biro yang diinginkan terdaftar atau tidak, mereka bisa mengecek langsung di website: www.haji.kemenang.go.id. Caranya, setelah membuka laman web, di menu utama bagian kiri terdapat pilihan. Di sana anda klik Basis Data, lalu klik Penyelenggara Umrah yang berisikan 63 halaman daftar perusahaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah umrah (PPIU). Dalam kolom pencarian, calon jemaah tinggal mengetik nama biro travel pilihan anda dengan huruf besar/kapital. 

Nah, travel yang punya izin secara otomatis akan muncul setelah anda klik enter. "Kalau Anda ketik di dalam itu nama travel dengan huruf besar semua, kalau tidak muncul berarti tidak terdaftar," pungkasnya. 

Berdasarkan penelusuran Riau Pos, ketika diketik beberapa nama biro PPIU seperti PT Gema Arofah, PT Garauda Arung Wisata, keduanya muncul dalam mesin pencarian. Artinya memang terdaftar. Namun saat yang diketik nama PT Garda Terobosan Cahaya, yang telah gagal memberangkatkan jamaah umrah di Riau, mesin pencari tidak menemukannya atau tidak muncul. Sehingga disimpulkan bahwa biro ini tidak terdaftar.