Bingung Kenapa Tagihan Listrik di Rumah Anda Membengkak, Pakai Meteran Ini!


Suatu waktu mungkin Anda terkejut dan tak menyangka terjadi pembengkakan pada tagihan listrik di rumah Anda. Lalu Anda mulai panik dan menduga yang macam-macam. Untuk mengatasi hal tersebut, kini telah ditemukan meteran listrik yang dilengkapi dengan data rekaman penggunaannya. 

Dosen Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) Mat Syai'in menciptakan meteran listrik menggunakan "simcard" atau kartu telepon seluler. Hal ini membuat pemiliknya dapat mengetahui histori pemakaian energi tersebut. 

"Histori atau rekam jejak penggunaan listrik itu penting agar kita tidak bingung dengan tagihan dari PLN yang mungkin saja tiba-tiba membengkak degan jumlah di luar dugaan," katanya, Sabtu (7/3). 

Dengan histori itu, maka pemilik dapat melihat langsung data pemakaian listrik disertai tanggal dan jam-nya. Semua instalasi listrik yang teraliri energi itu, sampai volume pemakaiannya. "Semua histori itu dapat dibaca melalui simcard yang dimasukkan ke dalam notebook atau perangkat sejenis, sehingga akan diketahui perabot atau instalasi mana yang menggunakan listrik terbanyak," katanya. 

"Cara kerja meteran listrik dan keunggulan produk itu terletak pada tambahan simcard. Simcard di sini berfungsi sebagai penyimpan histori atau rekam jejak dari pemakaian listrik," katanya. 

Selain itu, informasi tentang pemakaian listrik itu akan membuat pemilik bisa melakukan pengelolaan sendiri agar beban energi di rumahnya menjadi terkontrol. Ide ini ia harapkan sudah mampu diaplikasikan di lingkungan rumah tangga, perhotelan sampai industri.