KEUNIKAN DAN JENIS BULUH PERINDU

Indonesia menyimpan banyak keunikan budaya dan kepercayaan. Salah satunya adalah buluh perindu yang dipercaya banyak orang memiliki kekuatan mistik atau gaib. Buluh perindu merupakan sesuatu yang penuh misteri. Orang-orang sering menggunakannya untuk melakukan hal-hal di luar batas rasional kita. Beragam mantra pun diciptakan dan digunakan untuk mengeluarkan "kesaktian" dari buluh perindu ini. Sebagian orang menggunakan buluh perindu untuk beragam keperluan seperti mencari orang hilang, melariskan dagangannya, memikat hati lawan jenis, membuat orang tergila-tergila, atau meningkatkan aura si pengguna buluh perindu. Di balik segala sesuatu yang berbau mistik tersebut, buluh perindu memiliki beragam hal unik yang perlu kita ketahui.


Gambar sekedar ilustrasi Buluh Perindu

KEUNIKAN BULUH PERINDU YANG ADA DI INDONESIA

Tahukah Anda makna dari istilah "buluh perindu"? Untuk awanya dapat mengetahui seluk beluk mengenai buluh perindu di artikel berikut : Buluh Perindu, apa itu?

Pada dasarnya terminologi buluh perindu merupakan bentuk majasi untuk menyebut seruling, alat musik tiup. Buluh dalam bahasa Melayu berarti bambu sedangkan perindu adalah yang membuat rindu. Selain istilahnya yang unik, buluh perindu juga memiliki keunikan di sisi pemanfaatan supranatural. Salah satunya adalah menggunakan buluh perindu untuk membuat pujaan hati tergila-tergila. Dengan ritual tertentu, si pemilik buluh perindu akan meniupkan bubung bambu tersebut sambil membayangkan wajah sang pujaaan hati. Biasanya akan ada mantra-mantra tertentu yang digunakan. Orang Dayak Murong yang bermukim di puncak gunung Bondang Puruk Cahu Kalimantan Barat memiliki kepercayaan bahwa rumpun yang memiliki buluh perindu merupakan tempat tinggal makhluk halus yang disebut Puntianak. Jadi, orang yang melakukan ritual dengan buluh perindu bisa dikatakan sedang meminta kerjasama dari sang Putianak tersebut. Hal ini tentu saja tidak gratis, sang Puntianak akan memberi bantuan asalkan orang yang meminta bantuan itu mampu merawat tempat Puntianak dengan baik.

JENIS BULUH PERINDU

Tahukah Anda ada berapa jenis buluh perindu yang ada di Indonesia? Secara umum, buluh perindu dibedakan berdasarkan warnanya. Pertama, buluh perindu berwarna coklat. Buluh perindu ini sangat sulit dicari, selain itu kemampuan "gaibnya" dipercayai orang-orang masih kurang kuat. Kedua, buluh perindu berwarna hitam. Buluh perindu jenis ini mudah dicari dan memiliki kemampuan yang lebih besar dibandingkan buluh perindu berwarna coklat. Panjang buluh perindu kurang lebih lima hingga sepuluh centimeter. Diameter buluh perindi kurang dari 1 milimeter. Bentuk dasar buluh perindu ini seperti bulu alis mata, yakni ujungnya lebih kecil dibandingkan bagian tengah batangnya. Dalam kondisi kering, buluh perindu akan sangat keras dan gampang dipatahkan. Jika menambahkan air, maka buluh perindu akan lunak. Sepintas memang tidak ada yang tampak istimewa dari buluh perindu ini.

Buluh perindu memiliki bentuk-bentuk yang unik. Pertama, buluh perindu yang berbentuk seperti akar kecil atau seperti ijuk sapu yang sangat kaku. Bentuknya seperti cacing kecil. Suka dayak di Kalimantan dan bahkan Bante biasa menggunakan buluh perindu jenis ini. Yang unik dari buluh perindu ini adalah kemampuannya untuk berputar sendiri. Konon, semakin kuat energi orang yang memegangnya maka akan semakin puat buluh perindu ini berputar. Kedua, buluh perindu yang berbentuk seperti bambu kecil halus. Beberapa orang menyebut jenis buluh ini sebagai bambu gila. Suku Melayu suka menggunakannya untuk menemani mereka bernyanyi karena kemapuan buluh ini bergerak dan tampak menari-nari meskipun tidak ada angin yang menggerakkannya. Ketiga, buluh perindu langka. Bentuk buluh perindu yang sulit dicari yakni yang memiliki dua cabang atau kembar dengan inti berbentuk seperti beras di tengahnya. Beberapa orang percaya buluh perindu ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan nafsu birahi. Keempat, buluh perindu berbentuk seperti serumpun bambu mini. Buluh perindu jenis ini juga disebut sebagai bambu buta atau Buronq Buta. Suku Dayak atau para dukun biasa menggunakan buluh perindu jenis ini untuk pelet.

Secara umum, buluh perindu memiliki banyak keunikan. Di balik kepercayaan orang tentang adanya kekuatan gaib yang dimiliki buluh perindu, kita bisa lebih mendalami cerita asal-usul serta keunikan buluh perindu ini untuk memperkaya wawasan kita tentang keunikan budaya Indonesia. Mempelajari keunikan sesuatu yang juga berkaitan dengan budaya suatu daerah sangatlah bermanfaat. Jadi, tertarik untuk mencoba sendiri kekuatan buluh perindu ini? Atau sekadar ingin melihat keunikan buluh perindu secara langsung?