Menu Diet untuk Penderita Diabetes

Saat seorang divonis menderita penyakit diabetes, maka selain mengkonsumsi obat yang tepat, penderita harus melakukan diet makan yang terkontrol. Mengatur jenis makanan yang masuk, jumlah ukurannya dan waktu untuk mengkonsumsinya. Kebanyakan penderita diabetes akan mengalami ketakutan untuk makan sehingga akhirnya mereka tidak makan sama sekali. Ini adalah cara yang salah. Tidak makan sama sekali justru bisa menyebabkan kadar gula meningkat. Seorang penderita diabetes dianjurkan untuk melakukan konsultasi gizi kepada ahli gizi, namun jika Anda belum pernah melakukannya, berikut ini menu diet penderita diabetes yang bisa Anda jadikan referensi: 

1. Sarapan pagi bisa dengan mengkonsumsi satu kue burger dan satu gelas susu diabetes, atau jika ingin sarapan nasi maka menunya adalah: nasi putih satu centong nasi, satu potong tahu/tempe, satu potong ikan atau telur, sayur tipe A seperti timun, tomat, gambas dan sebagainya. Sarapan dilakukan pukul 7 pagi. 

2. Pukul 10 pagi bisa mengkonsumsi 1 snack dan 1 potong buah. 

3. Untuk makan siang dilakukan jam 12 siang dengan menu: nasi putih 1,5 centong, ikan atau daging 1 potong, tahu atau tempe 1 potong dan sayur tak terbatas. Jenis sayur untuk makan siang seperti bayam, kangkung, kacang panjang dan sebagainya. 

4. Untuk makan malam dilakukan jam 5 sore, dengan menu: nasi putih 1 centong, daging 1 potong, tahu atau tempe 1 potong dan sayur tak terbatas. 

5. Malam jam 9 boleh mengkonsumsi buah 1 potong. 

Memperbanyak puasa sangat dianjurkan untuk penderita diabetes agar kondisi pankreas bisa istirahat dengan baik dari mengeluarkan hormone insulin yang sudah sulit dikeluarkan.