Apple Rilis MacBook 12 Inci

Apple secara resmi telah merilis MacBook terbarunya, di Yerba Buena Center di San Fransisco, Selasa (10/3). Notebook dengan tebal 13.1mm ini lebih tipis dari dua tablet iPad Air ditumpukan jadi satu. Ia sudah dilengkapi layar retina display 12 inchi dengan resolusi 2304 x 1440 dengan sensor 'Taptic' yang juga dipasangkan pada Apple watch. 

Selain jack headphone, hanya ada satu port di MacBook baru ini, yakni konektor USB-C reversibel baru, yang dapat digunakan untuk mengisi daya laptop, menampilkan video ke layar eksternal, dan mengirim data pada USB 3. Pengguna dapat berbagi dokumen atau foto melalui Wi-Fi dan Bluetooth menggunakan iCloud dan AirDrop. Dengan konektor baru ini memungkinkan Apple untuk membuat laptop yang lebih tipis. 

Berat laptop baru tersebut hanya 2 pounds dengan tebal 13,1 mm, 24 persen lebih tipis dari MacBook Air 11 inci. Perangkat ini akan dilengkapi dengan RAM 8GB dan 256GB SSD. MacBook 12 inci ini juga dilengkapi dengan prosesor Core M, salah satu ultra-low-power chip Intel yang saat ini digunakan pada beberapa perangkat tablet-laptop hybrid terbaru dari Windows OEM. Dengan chip ini Apple menjanjikan baterai berdaya tahan seharian, dengan 9 jam web atau 10 jam video HD. 

MacBook baru ini sudah bisa dipesan (pre-order) mulai 10 April dengan tiga pilihan warna abu-abu, silver dan gol Keunggulan lain dari MacBook terbaru ini selan ketipisannya, Macbook ini didesain tanpa kipas dan dilengkapi dengan prosesor Intel berbasis Core M. Mampu berjalan di 1.3 GHz ke 2.9Ghz pada mode turbo. 

Selain itu RAM yang diberikan pun cukup besar yakni 8GB, dan ruang penyimpanan hingga 256 GB. Harganya dibandrol sekitar 1.049 Euro atau setara dengan 15 juta rupiah.