Begini Caranya Supaya Belanja Online Tak Kena Tipu

Meskipun belanja online kini sedang menjadi trend, tapi masih banyak juga yang tak berani belanja online. Alasannya takut kena tipu. Ada banyak modus penipuan, seperti barang yang tak dikirim, barang yang tak sama dengan gambar dan sebagainya. Terkadang juga penipuan ini terjadinya karena ketidak pahaman kita dengan system bisnis online. 

Kita menyangka belanja online sama dengan belanja di dunia nyata. Sehingga ketika barang yang kita dapatkan tak sesuai dengan keinginan lalu kita complain dan marah-marah. Padahal awalnya juga karena kesalahan kita yang begitu tergoda dengan promosi produk online. Tanpa mengetahui secara detail barang yang akan dibeli, kita buru-buru melakukan transfer uang. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar belanja online tak kena tipu: 

1. Saat melihat foto sebuah produk online yang cantik dan menarik, jangan keburu langsung memesannya. Tapi carilah lebih dulu informasi detail mengenai barang tersebut. Karena terkadang foto yang digunakan tidak sama dengan gambar produk yang sesungguhnya. 

2. Cari tau lebih dulu mengenai penjual yang menjual barang dagangan tersebut, jika ia punya jejaring sosial, lihat lah bagaimana rekam jejak dari pemiliknya, apakah ia orang terpercaya atau tidak. Jika ia menggunakan toko online, lihatlah kualitas toko online tersebut, jika masih sederhana dan gratisan, maka Anda perlu waspada. 

3. Jangan terlalu percaya namun jangan pula terlalu berprasangka buruk. Yakinlah jika niat Anda baik, Anda tak akan kena tipu. Terkadang karena saking takutnya dengan penipuan, kita bertanya nyinyir kepada si pedagang, akibatnya terkadang malah kita akan mendapat pelayanan yang kurang baik. 

Bila Anda ingin berbelanja produk dengan harga yang mahal, sebaiknya berhati-hati. Produk elektronik misalnya, akan lebih baik jika membeli secara offline karena memang resiko membeli online jauh lebih besar. Belum lagi resiko pengiriman yangbisa saja membuat barang menjadi rusak. Jangan takut belanja online, karena belanja online merupakan system yang lebih memanjakan para konsumen.