Jenis-Jenis Makanan Anti Kanker

Setiap orang selalu memiliki peluang untuk terkena kanker. Penyakit kanker diawali dengan mutasi sel yang terjadi karena adanya radikal bebas yang merusak sel. Radikal bebas ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui banyak cara seperti makanan, udara dan sebagainya. Orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat memiliki kemungkinan risiko yang lebih besar untuk terkena kanker. 

Sering memakan makanan sembarangan, suka mengkonsumsi alcohol dan punya kebiasaan merokok. Kondisi lingkungan juga turut menjadi factor pemicu terjadinya kanker di dalam tubuh. Meskipun banyak makanan yang menjadi sumber radikal bebas dan memicu tumbuhnya sel kanker, namun tak jarang jenis makanan yang mengandung banyak anti kanker dan sangat baik dikonsumsi setiap harinya. Berikut ini adalah jenis makanan yang bisa Anda perbanyak untuk mengkonsumsinya karena kandungan anti oksidan dan bahan anti kanker lainnya yang cukup tinggi: 

1. Ubi jalar ungu 
2. Brokoli 
3. Kembang kol 
4. Tomat 
5. Wortel 
6. Jus kulit manggis 
7. Tempe dan tahu 
8. Paprika 
9. Terong 
10. Seledri 

Masih banyak lagi jenis sayuran dan buah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu mengikat radikal bebas pemicu tumbuhnya sel kanker. Yang paling penting harus Anda konsumsi adalah buah-buahan dan sayur-sayuran, minum air putih yang banyak untuk melancarkan pencernaan. Hindari makanan pemicu kanker seperti makanan terlalu asin, mengandung zat aditif berbahaya seperti penyedap, pewarna, pemanis dan sebagainya.