Ini Bahaya Tidur Menghadap ke Kiri

Tahukah Anda bahwa kebiasaan Anda selama ini tidur menghadap ke kiri adalah hal yang salah dan justru berdampak buruk bagi kesehatan. Di dalam agama, kita disunnahkan untuk tidur dengan posisi miring ke kanan, hal ini ternyata karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan tidur dengan posisi ini, berikut ini hal yang akan kita dapatkan dengan tidur menghadap ke kanan:

1. Mengurangi beban jantung

Posisi jantung manusia lebih condong berada di sebelah kiri. Dengan tidur menghadap ke kanan, hal itu akan mengurangi beban jantung tertimpa organ tubuh lain. Sedangkan, jika kita tidur di posisi sebelah kiri, jantung akan menerima aliran darah yang berlebihan. Denyut jantung pun menjadi lebih cepat, padahal jantung butuh istirahat saat kita tidur.

2. Mengistirahatkan otak kiri

Alasan saat tidur kita harus menghadap sebelah kanan adalah dapat mengistirahatkan otak kiri. Kenapa hanya mengistirahatkan otak sebelah kiri aja? Karena otak kiri punya fungsi untuk membantu organ-organ di sebelah kanan untuk bekerja dengan baik. Misalnya untuk makan, memegang sesuatu, dan aktivitas lain yang dominan menggunakan organ tubuh kanan. Dengan posisi tidur menghadap kanan, kerja otak kiri pun akan lebih rileks untuk menyokong kerja organ tubuh kanan.

3. Mengurangi beban paru-paru

Paru-paru kiri manusia lebih kecil daripada paru-paru kanan. Oleh karena itu, posisi tidur kita menghadap ke sebelah kanan, jantung tidak akan membebani paru-paru kanan. Sebaliknya, jika tidur ke sebelah kiri, jantung akan menimpa paru-paru yang berukuran kecil. Pastinya, lebih tidak baik buat kesehatan kita.

Dengan mengetahui berbagai manfaat tidur menghadap ke kanan di atas, maka kita dapat membayangkan apa yang akan terjadi kalau kita tidur menghadap ke kiri. Hal yang berlawanan dengan yang dijelaskan di atas pasti akan terjadi.