Menu Makanan yang Paling Bagus untuk Berpuasa

Tak lama lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan, saat untuk kita menjalankan ibadah puasa sebulan lamanya. Untuk bisa tetap fresh dan segar pada saat berpuasa, hal yang penting diperhatikan adalah soal makanan. Apa saja yang masuk ke dalam mulut kita saat sahur dan berbuka, akan berdampak pada kondisi energi kita di siang hari saat menjalankan ibadah puasa. Lalu apa sebenarnya menu makanan paling baik dikonsumsi untuk mereka yang sedang berpuasa? Berikut ini pilihan menu sehat yang harusnya Anda konsumsi pada saat berpuasa:

1. Menu sayuran hijau, ini khususnya Anda lakukan pada saat sahur. Pada saat sahur wajib bagi Anda mengkonsumsi sayuran yang mengandung banyak air seperti sawi, bayam, kangkung dan sebagainya. Sayuran ini akan membuat asupan air Anda di siang hari lebih terjaga. Bila perlu makan lah satu mangkuk sayur hijau, karena ini akan membuat Anda lebih tahan dahaga di siang hari.

2. Menu lauk bebas lemak dan minyak, pada saat sahur makan lah makanan tanpa minyak yang banyak, hindari makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi seperti ikan asin dan sejenisnya. Lebih bagus mengkonsumsi lauk tanpa minyak seperti sayur asem, asam pedas, sop, sayur bening dan sebagainya.

3. Cadangan protein yang cukup, bagi mereka yang siang harinya akan menghabiskan energi untuk berpikir seperti ujian dan belajar sebaiknya mengkonsumsi asupan protein yang cukup di malam hari. Ikan dan susu paling cocok dikonsumsi pada saat sahur. 4. Buah-buahan, untuk bisa puasa dengan tidak haus tapi tidak banyak minum air putih, solusinya selain mengkonsumsi sayur sebaiknya memperbanyak konsumsi buah. Buah merupakan cadangan air di siang hari. Kalau terlalu banyak minum air putih, di siang hari kita akan lebih sering buang air seni, tapi tidak demikian jika Anda mengkonsumsi buah. Bukan hanya jenis yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi makanan pada saat puasa, namun juga ukuran. Jangan makan terlalu banyak karena juga tidak baik untuk kesehatan lambung Anda.